E-COMMERCE TRAINING IN THE COASTAL AREA OF INDRAGIRI HILIR DISTRICT CASE STUDY ON UMKM GOGO THIRFT CLOTHING STORE

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri
  • Rosliana Universitas Islam Indragiri
  • Muh. Rasyid Ridha Universitas Islam Indragiri
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Usman Universitas Islam Indragiri
Keywords: UMKM, e-commerce, indragiri hilir, pesisir

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. UMKM dibedakan secara masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah sesuai undang-undang no.20 tahun 2008. Pertumbuhan perekonomian nasional tidak terlepas dari perekonomian diwilayah pesisir karena sebagian besar masyarakat Riau pesisir tinggal dan menetap disekitaran pesisir sungai. Apabila kondisi ekonomi diwilayah pesisir sudah maju dan mandiri maka masyarakat akan sejahtera. Kabupaten indragiri hilir mempunyai potensi yang baik, diantaranya hasil perkebunan, pertanian, dan perikanan. Kondisi perekonomian kabupaten indragiri hilir ditopang oleh aktivitas pasar dan letaknya yang jauh dari perkotaan dinilai kurang strategis dalam melakukan pemasaran produk. Perkembangan internet dan teknologi, seperti media pemasaran secara elekronik yang dikenal dengan e-commerce. Bagaimana potensi wilayah pesisir yang sudah dikelola dengan adanya UMKM bisa dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya dengan memanfaatkan media e-commerce. Fokus pengabdian kepada masyarakat di kabupaten indragiri hilir yaitu melatih dan melakukan pendampingan penggunaan secara terjadwal dalam memanfaatkan media ecommerce kepada pelaku UMKM guna meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM yang lebih luas, kreatif dan inovatif, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat kabupaten indragiri hilir.

Published
2025-06-30
How to Cite
Yuli Prasetyo, D., Rosliana, Rasyid Ridha, M., Yunita, F., & Usman. (2025). E-COMMERCE TRAINING IN THE COASTAL AREA OF INDRAGIRI HILIR DISTRICT CASE STUDY ON UMKM GOGO THIRFT CLOTHING STORE. LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 3(2), 34-40. https://doi.org/10.32520/landmark.v3i1.4247

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>