PERANCANGAN MULTIMEDIA IKLAN BISNIS KULINER
Abstract
Saat ini banyak perusahaan yang berkembang di bidang teknologi, fashion dan kuliner. Salah satu bisnis yang banyak diminati adalah bisnis kuliner. Promosi pemasaran yang baik sangat diperlukan untuk mendukung promosi usaha yang sedang berkembang. Dalam bisnis mie pedas maut, pemilik hanya mengiklankan dengan gambar produk. Teknik iklanan ini kurang menarik, tujuan dari perancangan multimedia iklan bisnis kuliner ini adalah membuat video iklan mie pedas maut dengan tampilan iklan yang lebih baik dan menarik agar konsumen membeli mie. Villamil molina digunakan sebagai metode penelitian dalam perancangan multimedia iklan bisnis kuliner ini. Penelitian ini menggunakan Fillmora 9 dalam proses editing video. Setelah itu dilakukan pengujian alfa dan beta untuk mengetahui kelayakan iklan video. Hasil perancangan multimedia iklan bisnis kuliner ini membuat video promosi Mie Pedas berdurasi 54 detik.
Downloads
References
[2] D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi "Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019.
[3] D. Ismayani, “Perancangan Video Iklan Promosi Profil Wisata Puncak Bila Riase’ Kabupaten Sidrap,” J. Imajin., vol. 2, no. 1, p. 23, 2018.
[4] F. Kusumo and Sulartopo, “Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi dan Informasi Pada Toko Citra Meubel Semarang,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 12, no. 1, pp. 33-41., 2019.
[5] N. E. Putri, R. Astuti, and S. A. Putri, “Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matriks) (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang) Plan,” vol. 3, no. 2.
[6] S. A. Pratama, Samsudin, and B. Rianto, “Perancangan Video Company Profil Di Sman 2 Tembilahan,” J. Selondang Mayang, vol. 8, no. 2, pp. 143–153, 2022.
[7] Z. B. Bagaskara, “Perancangan Video Promosi Cat Aksritex Menggunakan Media YouTube,” Jikdiskomvis Ilmu Komput. dan Desain Komun. Vis., vol. 4, no. 2, pp. 1–10, 2019.
[8] F. Chaeriyantama, M. Mustika, and M. D. Dupri, “Pembuatan Video Iklan Sebagai Media Promosi Universitas Muhammadiyah Metro Menggunakan Metode MDLC,” J. Mhs. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 154–165, 2021.
[9] O. Veza and E. Safira, “Perancangan Video Iklan Promosi Di Perusahaan Kaos Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” Eng. Technol. Int. J., vol. 2, no. 3, pp. 9–19, 2020.
[10] S. S. Alatas, “Perancangan Motion Graphic Iklan Layanan Aplikasi Garuda Kasir Sebagai Media Promosi Di Sosial Media,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 4, no. 2, pp. 76–85, 2020.
[11] R. Suryani, H. Saputra, and A. Sutrisman, “Implementasi Animasi 2D pada Iklan Layanan Masyarakat sebagai Sosialisasi Penyakit DBD,” Rekam, vol. 15, no. 2, pp. 153–166, 2019.
[12] K. N. K. Pratiwi, J. Suryana, and N. N. S. Witari, “Perancangan Video Promosi Perahu Wisata Di Pantai Penimbangan, Singaraja, Bali,” J. Pendidik. Seni Rupa Undiksha, vol. 10, no. 2, pp. 103–112, 2020.
[13] S. Permadani, “Perancangan Video Iklan PT . Stream Gaming Sebagai Upaya Meningkatkan Esport di Kota Medan Design Video Advertising PT . Stream Gaming As An Effort To Improve Esports in Medan City,” vol. 1, no. 4, pp. 883–904, 2022.
[14] Bayu Rianto, Indrawan Alsa, “Perancangan Aplikasi Promosi Universitas Islam Indragiri Berbasis Multimedia Interaktif” vol 7, no. 1, 2021.
[15] M. Ali, M. Alfathoni, R. Hermita, B. Syahputra, and J. Roy, “Penulisan Naskah Dalam Pembuatan Film Pendek Fiksi ‘ Haroroan ,’” vol. 7, no. 1, pp. 52–64, 2021.
[16] T. Yuliati et al, "Film Pendek Masyarakat Daerah Pinggir Kota Dumai Dengan Penggabungan Teknik Live Shoot Dan Motion Graphics,” J. Inform. Manaj. dan Komput., vol. 12, no. 1, pp. 28–33, 2020.
[17] N. Mulyani, “Perancangan Proses Pra Produksi Film Animasi 3d Legenda Putri Merak Jingga,” Jurteksi (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. Vol. V No., no. 2, 2019.
[18] Bayu Rianto, Muh.Rasyid Ridha,Indrawan Alsa, "Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran PJOK DI SMAN 1 Tembilahan" Vol 12, No, 1, 2022.
[19] H. Anisyah, H. Saputra, and M. Mustaziri, “Penerapan Video Animasi Motion Graphic Tentang Pembuatan Kartu Identitas Anak di Kec.Sukarami,” Multinetics, vol. 5, no. 2, pp. 39–45, 2019.
Copyright (c) 2023 JURNAL PERANGKAT LUNAK

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.