E-COMMERCE WEBSITE DEVELOPMENT TRAINING AT AZZAM CELLPHONE SHOP IN TEMBILAHAN TO INCREASE SALES

  • Dwi Yuli Prasetyo Universitas Islam Indragiri
  • Asniati Bindas Universitas Islam Indragiri
  • Muh. Rasyid Ridha Universitas Islam Indragiri
  • Muhammad Amin Universitas Islam Indragiri
  • Syafrizal Thaher DS Universitas Islam Indragiri
Keywords: Keywords: e-commerce, website, umkm, tembilahan

Abstract

Wabah covid-19 merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan eksplosif pasar dalam transaksi jual beli dalam beberapa tahun terakhir. Belanja telah berubah menjadi model online sebagai akibat dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diberlakukan untuk menghentikan virus covid-19. Di marketplace, orang-orang melakukan transaksi jual beli online. Marketplace adalah tempat di mana vendor dapat berkumpul dan melakukan bisnis virtual dengan klien. Karena popularitas belanja internet, pemilik toko fisik harus beralih ke pasar online. Penurunan omset adalah masalah yang dihadapi pedagang. Oleh karena itu, tujuan dari proyek pengabdian masyarakat ini adalah untuk membuat model sistem informasi e-commerce berbasis web. Pembuatan model sistem informasi e-commerce ini berpotensi untuk meningkatkan pendapatan, mempermudah pengolahan data, dan mempermudah transaksi yang dilakukan melalui media website e-commerce. BMC dan CMS merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini; model BMC digunakan untuk menilai dan membuat model bisnis untuk sistem yang ada. Sebuah website e-commerce dibuat sebagai bagian dari proyek pengabdian masyarakat ini yang akan bermanfaat bagi para pelaku UMKM, khususnya Toko Azzam Ponsel Tembilahan. Model e-commerce berbasis web dibuat dengan menggunakan CMS. Model e-commerce yang memenuhi kebutuhan pelaku UMKM merupakan hasil akhir dari penelitian ini. Platform e-commerce berbasis web yang dibangun telah melalui pengujian langsung kepada pengguna, dan hasilnya cukup menjanjikan.

References

[1] E. D. Pelipa and A. Marganingsih, “PELATIHAN E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA SINTANG,” J. Pengabdi. Masy. Khatulistiwa, vol. 3, no. 2, pp. 94–105, Nov. 2020, doi: 10.31932/jpmk.v3i2.900.
[2] K. Tim, “PEMBUATAN APLIKASI ECOMMERCE USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) WAROENG BU DHEV”.
[3] R. Amelia, I. Sabrina, T. Syahrifah, and S. Aisyah, “PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA TOKO LILI DENGAN PENERAPAN METODE WATERFALL,” J. Sist. Inf. Dan Ilmu Komput. PrimaJUSIKOM PRIMA, vol. 5, no. 1, pp. 33–36, Aug. 2021, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i1.1917.
[4] Y. Tristiarto, “PKM KELOMPOK UMKM E-COMMERCE DI KELURAHAN BENDA BARU - KECAMATAN PAMULANG TANGERANG SELATAN”.
[5] T. R. Dewi, I. Wardani, L. Widiastuti, and U. N. Solikah, “Strategi Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Dengan Menggunakan Media Elektronik (E-commerce),” WASANA NYATA, vol. 3, no. 2, pp. 130–134, Feb. 2020, doi: 10.36587/wasananyata.v3i2.525.
[6] Dewi Surani, Listiawati, Merli Andini, and Naufal Mahdy, “PELATIHAN MACRAME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IBU-IBU RUMAH TANGGA PRODUKTIF DI LINGKUNGAN KELURAHAN DALUNG,” J. Abdimas Bina Bangsa, vol. 1, no. 2, pp. 143–152, Dec. 2020, doi: 10.46306/jabb.v1i2.12.
[7] R. Susanto, “STRATEGI E-COMMERCE MELALUI PENDEKATAN BUSINESS TO CONSUMER DALAM MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH DI INDONESIA”.
Published
2023-06-30
How to Cite
Prasetyo, D. Y., Bindas, A., Rasyid Ridha, M., Amin, M., & Thaher DS, S. (2023). E-COMMERCE WEBSITE DEVELOPMENT TRAINING AT AZZAM CELLPHONE SHOP IN TEMBILAHAN TO INCREASE SALES. LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(2), 65-76. https://doi.org/10.32520/landmark.v1i2.2688

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>