Implementasi Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Di Pondok Pesantren Al Mahsyad
Abstract
Pemasaran di dunia pendidikan sangat diperlukan sebagai bentuk akuntabilitas untuk memberikan informasi terkait keadaan Pondok Pesantren kepada masyarakat. Persaingan di dunia pendidikan sudah sangat atraktif, sehingga dibutuhkan strategi-strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Al Mahsyad dalam meningkatkan citra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan Pondok Pesantren Al Mahsyad telah menerapkan strategi pemasaran pendidikan yang cukup baik dalam meningkatkan citra. Dengan memberikan tawaran produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan proses pembelajaran sudah cukup baik. Namun dalam aspek bukti fisik, sarana dan prasarana yang disediakan belum memadai dan sebaiknya meningkatkan fasilitas yang disediakan Pondok Pesantren agar mampu menunjang terlaksananya proses pendidikan yang berkualitas.
Copyright (c) 2024 LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.