PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA BARBERSHOP JUNIAL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Sabrizal M. Sahib Universitas Islam Indragiri
  • Usman Universitas Islam Indragiri

Abstract

Bisnis barbershop merupakan salah satu bisnis yang kini sedang berkembang pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Sekilas bisnis ini memang terlihat sederhana, namun jika dilihat prospeknya bisnis barbershop mampu mendatangkan keuntungan yang cukup besar.Dengan kemampuan tukang cukur dan fasilitas yang disediakan, tidak heran jika banyak yang memilih potong rambut di barbershop. Baik dari kalangan orang dewasa, anak muda, hingga anak-anak. Namun, hadirnya industri barbershop tak luput dari sejarah yang cukup panjang. Barbershop berasal dari bahasa latin “barba” yang berarti “janggut”.  Barbershop pertama kali berdiri di Wilayah Macedonia sekitar 400 tahun sebelum masehi dan menyebar ke beberapa daerah lain seperti Mesir.  Tetapi pada zaman itu, para pemangkas rambut ternyata bukan hanya bekerja memangkas rambut saja, mereka juga bekerja sebagai tenaga medis yang melayani operasi bedah kecil seperti mencabut gigi atau mengobati luka. Mereka mendapat ilmu tersebut dari para pendeta selama abad pertengahan. Namun sayangnya, kebanyakan para pendeta saat itu justru tidak mengobati pasien sebagaimana mestinya. Kemudian Paus mengeluarkan keputusan berupa sanksi kepada 1163 pendeta. Pada saat itu, pelayanan medis pun dimonopoli oleh barbershop. Seiring perkembangan zaman, akhirnya barbershop dipisah dengan ahli bedah medis atau yang biasa kita kenal dengan Dokter. Para pemangkas yang bekerja di barbershop hanya melayani pangkas rambut, mencukur janggut atau kumis. Salah satu tokoh dunia yang sukses menjadi tukang cukur sekaligus ahli bedah pada zaman dahulu yaitu Ambroise Pare yang kini namanya sudah mendunia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Fathansyah. 1999. Basis Data. Bandung : Informatika.
[2]Fathansyah. 2004. Buku Teks Komputer Sistem Basis Data Lanjutan. Bandung : Informatika.
[3]Jogiyanto, HM. 1999. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yokyakarta : Andi.
[4]Jogiyanto, HM. 2003. Sistem Teknologi Informasi. Edisi 1. Andi, Yogyakarta.
[5]Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.
[6]Kristanto, Andri. 2003. Perencanaan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Yogyakarta : Gava Media.
[7]Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). Yogyakarta : Andi.
[8]Sidik, Betha. 2010. Pemrograman Web dengan HTML disertai dengan lebih dari 200 contoh program beserta tampilan graisnya Revisi Ketiga. Bandung: Informatika.
Published
2020-06-17
How to Cite
M. Sahib, S., & Usman. (2020). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN PADA BARBERSHOP JUNIAL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. JURNAL PERANGKAT LUNAK, 2(2), 77-84. https://doi.org/10.32520/jupel.v2i2.1102
Abstract viewed = 70 times
PDF downloaded = 91 times