BMC dan KOLABORASI PENJUALAN PERMEN GLOW CANDY
Abstract
Desa Kotabaru Seberida memiliki potensi yang besar dalam produksi kelapa, yang dapat diolah menjadi berbagai produk bernilai tambah. Salah satu produk inovatif yang dihasilkan adalah Glow Candy, permen berbahan dasar air kelapa. Dalam mengembangkan usaha ini, Model Bisnis Kanvas (Business Model Canvas/BMC) digunakan sebagai alat strategis untuk merancang dan mengelola model bisnis yang efektif. Kolaborasi penjualan menjadi elemen kunci dalam memperluas jangkauan pasar Glow Candy. Melalui kemitraan dengan pelaku UMKM, distributor lokal, dan platform e-commerce. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Model Bisnis Kanvas (BMC) dalam pengembangan Glow Candy serta mengeksplorasi efektivitas kolaborasi penjualan dalam memperluas pasar dan meningkatkan keberlanjutan usaha.
Copyright (c) 2024 LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.