BMC dan KOLABORASI PENJUALAN PERMEN GLOW CANDY

  • Kamaruddin Universitas Islam Indragiri
  • Faizal Malik Universitas Islam Indragiri
  • Kamal Fazri Universitas Islam Indragiri
  • Muh. Rasyid Ridha Universitas Islam Indragiri
Keywords: BMC,UMKM, Produksi Kelapa, Kotabaru seberida

Abstract

Desa Kotabaru Seberida memiliki potensi yang besar dalam produksi kelapa, yang dapat diolah menjadi berbagai produk bernilai tambah. Salah satu produk inovatif yang dihasilkan adalah Glow Candy, permen berbahan dasar air kelapa. Dalam mengembangkan usaha ini, Model Bisnis Kanvas (Business Model Canvas/BMC) digunakan sebagai alat strategis untuk merancang dan mengelola model bisnis yang efektif. Kolaborasi penjualan menjadi elemen kunci dalam memperluas jangkauan pasar Glow Candy. Melalui kemitraan dengan pelaku UMKM, distributor lokal, dan platform e-commerce. Metode  penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Model Bisnis Kanvas (BMC) dalam pengembangan Glow Candy serta mengeksplorasi efektivitas kolaborasi penjualan dalam memperluas pasar dan meningkatkan keberlanjutan usaha.

Author Biography

Muh. Rasyid Ridha, Universitas Islam Indragiri

Sistem Informasi, FTIK

Published
2024-10-31
How to Cite
Kamaruddin, Malik, F., Fazri, K., & Rasyid Ridha, M. (2024). BMC dan KOLABORASI PENJUALAN PERMEN GLOW CANDY . LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 2(3), 95-102. https://doi.org/10.32520/landmark.v2i3.3986

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>