ANALISIS PEMASARAN UMKM SAHABAT FRIED CHICKEN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SOAR DAN QSPM

  • Habi Burrahman UIN SSUKA RIAU
  • Ismu Kusumanto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fitriani Surayya Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Isnaini Hadiyul Umam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nazaruddin Nazaruddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Marketing Mix, QSPM, SOAR, Strategi pemasaran

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting dalam perputaran roda perekonomian di Indonesia. Peningkatan jumlah UMKM ini menjadi alas an salah satu pentingnya strategi pemasaran oleh pelaku UMKM agar tetap bertahan dalam menjalankan usaha  dikarenakan ketatnya persaingan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi stretegi pengembangan usaha di UMKM Sahabat Freid Chicken menggunakan metoda SOAR (Strength, Opportunities, Aspiration, and Result) dan QSPM (Qualitative Strategic Planning Matrix ).  Pada metode SOAR ini melakukan identifikasi dan menganalisa  suatu kekuatan dan peluang sehingga dapat menghasilkan aspirasi, tujuan, strategi dan komitmen agar mendapatkan hasil yang diingankan perusahaan. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi mana yang diprioritas untuk terlebih dahulu dilakukan menggunakan metode QSPM . Hasil penelitian ini mendapatkan 7 strategi alternatif berdasarkan analisis mtariks SOAR yang telah dilakukan, dan pada metode QSPM yang dilakukan terdapat strategi alternatif  Melaksanakan dan mengoptimalkan Memanfaatkan lokasi strategis dan memperluas penjualan dengan aplikasi food delivery untuk meningkatkan eksistensi dan pertahan produk dipasaran dengan nilai skor Tasnya 7,513.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]Abdurahman, A., Ghalib, S., & Maryono, M. (2020). Analisis Lingkungan Bisnis PT Adaro Energy, Tbk. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 9(1), 1-19
[2]Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188.
[3]Bora, M. A. (2017). Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam. Jurnal Industri Kreatif (JIK), 1(01), 55-62.
[4]Diantoro, A. K., Rohana, R., & Nasrulloh, R. S. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Klinik Pratama Bkm Xyz Yogyakarta Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7), 2349-2358
[5]Dwijayanto, A., & Widodo, A. (2020). Pengaruh Bauran 8p Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop Kopi Kenangan Bandung. eProceedings of Management, 7(3).
[6]Hanafi, H. (2020). Analisis SOAR pada strategi pemasaran di industri jasa finance. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 6(1), 27-33.
[7]Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi bauran pemasaran (marketing mix) dalam perspektif syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15-26.
[8]Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
[9]Purnomo, R. R. (2020). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 8p Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Surabaya Tahun 2020 (Doctoral dissertation, STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya).
[10]Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11-24.
[11]Rambe, D. N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (2), 213–223
[12]Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.
[13]Saleh, Y, M., & Said, M. Konsep Dan Strategi Pemasaran, CV. SAH MEDIA, Makassar, 2019.
[14]Tyoso, J. S. P., & Haryanti, C. S. (2020). Perlukah Mempertahankan Keunggulan Kompetitif oleh UMKM?(Studi Kasus UMKM Semarang). Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 123-135.
[15]Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805
Published
2024-02-24
How to Cite
Burrahman, H., Kusumanto, I., Lubis, F. S., Hadiyul Umam, M. I., & Nazaruddin, N. (2024). ANALISIS PEMASARAN UMKM SAHABAT FRIED CHICKEN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SOAR DAN QSPM. JURNAL PERANGKAT LUNAK, 6(1), 91-101. https://doi.org/10.32520/jupel.v6i1.3004

Most read articles by the same author(s)