ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)

  • Nurhalida Ziah
  • Nazaruddin
Keywords: Kepuasan, Layanan, Pelanggan, SEM, SmartPLS

Abstract

Tingginya jumlah mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau telah menurunkan kualitas pelayanan administrasi yang diberikan kepada mahasiswa, yang telah memberikan informasi berupa pernyataan keluhan dan respon tidak puas terhadap pelayanan yang dilakukan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa, menganalisis faktor yang berpengaruh dalam kepuasan mahasiswa dan sebagai perencanaan dalam meningkatkan kualitas pelayann terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Structural Equation Modelling (SEM) yang didukung dengan software SmartPLS. Hasil dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan mahasiswa. Faktor yang berpengaruh signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa adalah variabel assurance (jaminan), variabel reliability (keandalan), dan variabel tangible (bukti fisik). Kemudian kualitas pelayanan pada variabel empathy (empati) dan variabel responsiveness (ketanggapan) tidak menunjukkan bepengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Chudzaifah, D. Nengsih, A. N. Hikmah, and E. Wahyu, “Analisis Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong,” Al-Fikr J. Pendidik. Islam, vol. 8, no. 2, pp. 101–116, 2022, doi: 10.32489/alfikr.v8i2.298.
F. D. Pratama and E. I. Asmoro, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus di Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Unisbank Semarang),” Din. Tek., vol. 13, no. 1, pp. 33–42, 2020.
Published
2025-02-08
How to Cite
Ziah, N., & Nazaruddin. (2025). ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUSKA RIAU TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) . JURNAL PERANGKAT LUNAK, 7(1), 9-20. https://doi.org/10.32520/jupel.v7i1.3719