EVALUASI KINERJA PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE SMART SYSTEM
Abstract
Evaluasi dan perbaikan kinerja perguruan tinggi sangat perlu dilakukan dalam menghadapi globalisasi agar mampu bertahan dan berkembang. Maka dari itu Fakultas Sains dan Teknologi memiliki amanah untuk melakukan pembenahan internal, dan menata kembali pengelolaan organisasinya dalam meningkatkan sistem pendidikan yang dilaksanakan yang berkesinambungan baik secara internal dan secara eksternal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengukuran kinerja dalam meningkatkan performansi serta memberikan usulan dari penulis atas perbaikan kinerja. Metode yang digunakan piramida kinerja SMART System, AHP, OMAX, dan analisis KPI berdasarkan traffic light system. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 49 KPI yang dijadikan indikator pengukuran kinerja, dimana pencapaian performansi ditemukan 4 KPI masuk dalam kategori hijau, 35 KPI termasuk dalam kategori kuning dan 10 KPI masuk dalam kategori merah. Pencapaian performansi kategori merah perlu segera dilakukan perbaikan agar dapat memenuhi target. Pencapaian performansi perguruan tinggi secara keseluruhan dengan perhitungan OMAX yaitu sebesar 4,47 yang berarti bahwa performansi belum mencapai target. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi Fakultas Sains dan Teknologi dalam meningkatkan kinerjanya.
Downloads
References
A. Aden dan A. L. Al Jauzi, “Prediksi Jumlah Siswa Baru Yang Mendaftar Menggunakan Eksponensial Ganda Satu-Parameter Dari Brown,” STATMAT : Jurnal Statistika dan Matematika, vol. 1, no. 2, Agu 2019, doi: 10.32493/sm.v1i2.2944.
D. J. Permana, “Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi Melalui Metode Academic Scorecard,” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol. 3, no. 1, hlm. 109–114, Jan 2018, doi: 10.30591/jpit.v3i1.651.
B. I. Ansari dan B. AG, “Pengembangan Kinerja Perguruan Tinggi Melalui Manajemen Berbasis Institusi (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDikti 13 Aceh),” JURNAL SERAMBI ILMU, vol. 20, no. 2, hlm. 174, Okt 2019, doi: 10.32672/si.v20i2.1452.
P. A. Y. Putri dan I. D. M. Endiana, “Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Koperasi Di Kecamatan Payangan),” KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, vol. 11, no. 2, hlm. 179–189, Jan 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/1433
E. Khotimah, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi aan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Pondok Indah,” JURNAL EKONOMI, vol. 23, no. 1, hlm. 31, Mar 2021, doi: 10.37721/je.v23i1.760.
A. M. Anggraini, R. M. Sari, dan N. Fristiani, “Implementasi Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Pengukuran Kinerja Pada Organisasi Sektor Publik,” JCA (JURNAL CENDEKIA AKUNTANSI), vol. 1, no. 2, hlm. 58, Des 2020, doi: 10.32503/akuntansi.v1i2.1399.
M. S. H. Oemar dan V. Windasari, “Meningkatkan Produktivitas Team Sumber Daya Manusia Dan Pengembangan Organisasi Dengan Penerapan Penilaian Kinerja Berbasis Balance Scorecard di BUMD Jakarta,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 1, no. 2, hlm. 112–120, Nov 2021, doi: 10.31294/jab.v1i2.677.
R. Y. Ekaputra dan E. Pudji. W, “Evaluasi Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode SMART SYSTEM DI PT Panca Graha Pratama,” Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, vol. 13, no. 2, hlm. 66–74, Jul 2018, doi: 10.33005/tekmapro.v13i2.44.
I. Sodikin, M. Yusuf, dan R. Pangestu, “Perancangan Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Sink’ And Tuttle Model Dan Integrated Performance Measurement System (IPMS),” IEJST (Industrial Engineering Journal of the University of Sarjanawiyata Tamansiswa), vol. 4, no. 2, Feb 2021, doi: 10.30738/iejst.v4i2.9475.
D. I. Yahya, E. Mikael, Y. J. G. Ramadhan, dan M. Badrul, “Penerapan Metode AHP Untuk Penentuan Siswa Terbaik Di SMP Yapindo II,” Jurnal Larik: Ladang Artikel Ilmu Komputer, vol. 1, no. 2, hlm. 50–58, Des 2021, doi: 10.31294/larik.v1i2.748.
A. Irawan, R. Rohaniah, H. Sulistiani, dan A. T. Priandika, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Tempat Servis Komputer di Kota Bandar Lampung Menggunakan Metode AHP,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, hlm. 30, Feb 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.267.
B. A. Setiyawan, S. Siswanti, dan M. Hasbi, “Metode Analitychal Hierarchy Process Dan Simple Multi Attribute Rating Technique Sebagai Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier,” Jurnal Ilmiah SINUS, vol. 18, no. 2, hlm. 63, Jul 2020, doi: 10.30646/sinus.v18i2.475.
E. Maulana dan S. Perdana, “Analisis produktivitas departemen servis pada PT TI dengan Metode Objective Matrix (Omax),” IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 4, no. 3, hlm. 21–30, 2020.
A. Mahmudi, “Kombinasi Balanced Scorecard dan Objective Matrix Untuk Penilaian Kinerja Perguruan Tinggi,” potensio, vol. 20, no. 02, 2014.
F. Nashihuddin dan A. Mubin, “Penerapan Konsep Balanced Scorecard dan Objective Matrix Untuk Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan,” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, vol. 3, no. 02, hlm. 266–271, 2022.
Copyright (c) 2024 Andes Adriyan, Ismu Kusumanto, Anwardi Anwardi, Muhammad Isnaini Hadiyul Umam, Suherman Suherman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.