ANALISIS NUTRISI DODOL KELAPA

  • Yulianti Yulianti Universitas Islam Indragiri

Abstract

Dodol merupakan makanan khas indonesia yang umunya terbuat dari tepung beras ketan dan gula serta berbagai bahan yang dapat ditambahakan demi peningkatan cita rasa, perbandingan yang tepat antara tepung beras ketan dan gula menjadi hal yang penting dalam pembuatan dodol kelapa, selain dapat mempengaruhi bentuk juga dapat mempengaruhi nilai kadar nutrisi didalamnya. Pada penelitian ini pembuatan dodol dilakukan dengan berbagai perlakuan dan penambahan bubur serta potongan kelapa, adapun perlakuan yang diterapkan adalah P1 (250 gram bubur daging buah kelapa + 30% tepung beras ketan + 40% gula putih), PII (250 gram bubur daging buah kelapa + 40% tepung beras ketan + 45% gula putih), PIII (250 gram bubur daging buah kelapa + 50% tepung beras ketan + 50% gula putih). Masing –masing perlakuan dilakukan analisis proksimat dengan masing-masing tiga kali ulangan, uji proksimat yang dilakukan diantaranya kadar air,
kadar abu, kandungan lemak, protein dan karbohidrat. Kadar Air tertinggi terdapat pada perlakuan PI (12,17%) dan terendah pada PIII (10,47%), kadar abu tertinggi terdapat pada perlakan PIII (0,6%) dan terendah pada PI (0,4%), kandungan lemak tertinggi pada perlakuan PIII (3,14%) dan terendah pada PI (1,0%), kandungan protein tertinggi pada PIII(1,7%) dan terendah pada PI (1,5%) dan uji karbohidrat tertinggi terdapat pada perlakuan PIII (80,05%) dan terendah pada PI (72,31%).
Hampir semua parameter uji yang dilakukan memberikan nilai yang hasilnya memenuhi standar, kecuali protein yang berada dibawah standar yang ditetapkan SNI.

Published
2019-11-28
Section
Articles