Analisis Manfaat Biaya dan Akuntabilitas sebagai Dasar Penguatan Tata Kelola Pendidikan Sekolah yang Berkelanjutan
Abstract
Analisis manfaat biaya (Cost Benefit Analysis/CBA) dan akuntabilitas merupakan dua pilar penting dalam manajemen pendidikan modern untuk memastikan efektivitas, efisiensi, serta peningkatan mutu sekolah. CBA berfungsi sebagai metode evaluasi yang menilai kelayakan program pendidikan melalui perbandingan antara manfaat yang diperoleh dan biaya yang dikeluarkan, baik yang bersifat finansial maupun non-finansial. Peneluitian ini bertujuan untuk meniai apaka pengeluaran sekolah memberikan manfaat yang sepadan, mengnalisis tinkat transparan serta pertanggung jawaban dalam pengelolaan sekolah, dan menentkan bagaimana kedua aspek tersebut dapat memperbaiki tata kelola sekolah. Metode penelitian ini umumnya mnggunakan metode kualitatif melalui obsevasi dan studi dokumen seperti laporan keuangan sekolah, di sertai analisis cot-benefit untuk melihat hubungan antra biaya dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekoah dengan analisi mafaat biaya yang baik dapat mengelola anggaran secra efisien sementara akuntabilitas yang tingglal meninggakatkan kepercayan dan transpransi. Jika kedua spek ini berjalan bersamaan, tata kelola sekolah menjadi professional,efisien, transparan, dan berkelanjutan, sehigga mendukung perkembangan sekolah dalam jangka Panjang
References
Mustari, M. (2014). Transparansi pengelolaan dana BOS pada sekolah dasar. Jurnal Administrare, 1(1), . https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/1555
Mulyasa, E. (2017). Manajemen pendidikan dan akuntabilitas publik. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), https://ejournal.upi.edu/index.php/JIP/article/view/7645
Arikunto, S. (2010). Evaluasi program pendidikan: Pendekatan model CIPP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2),. https://jurnal.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/273
Zainuddin, M. (2011). Efektivitas penggunaan anggaran pendidikan pada sekolah menengah. Jurnal Ekonomi& Pendidikan, 8(2),. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/1419
Slamet, P. H. (2013). Peran masyarakat dalam manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4),. https://jurnal.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/332
Susanto, H. (2016). Kinerja guru dan pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), . http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/7764
Sulistiyowati, F. (2017). Analisis pembiayaan pendidikan dan efisiensi sekolah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2),. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpe/article/view/2994
Prihatin, E. (2015). Pengelolaan keuangan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2),. https://journal.uny.ac.id/index.php/jap/article/view/8811
Khotimah, N. (2018). Efisiensi penggunaan dana BOS pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(1), . https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/19610
Suryadi, D. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan good governance. Jurnal Administrare, 1(2), 63–72. https://ojs.unm.ac.id/Administrare/article/view/2060
Rohiat. (2012). Akuntabilitas publik dan peningkatan kinerja sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(1), 55–66. https://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/3400
Rahmawati, N. (2021). Analisis cost-effectiveness dalam pembiayaan pendidikan menengah. Jurnal EkonomiPendidikan,10(1),–59.https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/39456
Wahyudi, A. (2020). Cost-benefit analysis implementasi program literasi sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan,26(2),100–https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/31855
Nugroho, R. (2021). Tata kelola anggaran sekolah yang efektif dan transparan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 10(1), 25–36. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jkp/article/view/46027
Herlambang, A. (2019). Efisiensi sekolah menggunakan pendekatan DEA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 140–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/24218