PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE ECOMMERCE ROYAL PETSHOP

  • Muhammad Jibril Universitas Islam Indragiri
  • Ilyas Ilyas Universitas Islam Indragiri
  • Said Abdul Azis Universitas Islam Indragiri
  • Mirnawati Universitas Islam Indragiri
  • Fitri Yunita Universitas Islam Indragiri
  • Badewin Universitas Islam Indragiri
Keywords: E-commerce, PetShop

Abstract

Dilihat dari perkembangan teknologi saat ini yang pesat dan cepat sehingga dapat memudahkan para pembisnis dalam meningkatkan efisiensi bisnisnya baik itu dalam meningkatkan jangkauan pasar maupun meningkatkan omset penjualannya melalui media internet. Di era sekarang ini semua kebutuhan sudah bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan cepat karena diakibatan oleh teknologi yang dari tahun ketahun makin canggih, contohnya dulu jika kita ingin membeli suatu barang atau pakaian kita harus membeli langsung kepada penjual atau toko – toko yang tersedia. Tapi dengan teknologi yang semakin cangih dan ilmu pengetahuan yang semakin maju sekarang kita tidak perlu lagi atau tidak perlu susah karena sekarang sudah terdapat toko – toko yang menjual barang atau pakaian melalui internet yaitu dengan cara ECommerce atau yang biasa dikenal dengan toko online. Oleh sebab itu penulis ingin membuat sebuah karya tulis tantang toko online yang bisa menjual pakain – pakain dengan mudah dan cepat. Salah satu bidang bisnis tersebut adalah toko hewan peliharaan (PetShop) merupakan salah satu bisnis ritel yang menyediakan berbagai macam keperluan untuk hewan peliharaan baik itu makanan, aksesoris dan keperluan hewan lainnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan efisiensi dalam bisnis penjualan produk-produk untuk hewan peliharaan pada toko royal petshop adalah dengan meng-implementasi sistem e-commerce. Melalui website toko online yang dibuat, pelanggan dapat melakukan transaksi pembelian produk secara online dengan fitur-fitur yang dibutuhkan seperti katalog produk, keranjang belanja dan proses pembayaran dengan sangat mudah.Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan studi literatur. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode Waterfall yaitu analisa, desain, implementasi,pengujian dan pemeliharaan. Maka Hasil dari Implementasi sistem e-commerce ini dapat membantu pemilik toko Royal PetShop untuk melakukan transaksi jual-beli kepada pelanggan dengan sangat mudah dan cepat sehingga dapat meninggatkan jangkauan pasar serta meningkatkan omset penjualan karena dapat diakses oleh pelanggan dari berbagai wilayah dan dilakukan kapan saja tanpa adanya tenggat waktu.

Published
2023-10-30
How to Cite
Muhammad Jibril, Ilyas, I., Said Abdul Azis, Mirnawati, Yunita, F., & Badewin. (2023). PELATIHAN DAN IMPLEMENTASI WEBSITE ECOMMERCE ROYAL PETSHOP. LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(3), 92-98. https://doi.org/10.32520/landmark.v1i3.2809

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>