HUBUNGAN FILSAFAT ILMU TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN

  • Rahmat UNRI
Keywords: Filsafat ilmu dan Pendidikan

Abstract

Abstrak

Filsafat ilmu diartikan sebagai cabang dari ilmu filsafat yang muncul pada akhir abad ke-19 atau memasuki abad ke-20. Perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan pedidikan  mencapai puncaknya pada abad ke-19 di masa August Comte dan para penerusnya yang cenderung menjadikan ukuran kebenaran ilmu pada tataran aliran filsafat yang berpangkal pada suatu hal yang nyata, menjadikan ilmu pengetahuan semakin terlepas dari asumsi dasar filsafatnya. Hal inilah yang mengilhami  lahirnya filsafat ilmu yang pada gilirannya mempunyai posisi yang amat penting dalam ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan. Filsafat ilmu juga mencoba memperkenalkan ilmu pengetahuan secara utuh. Pada hakekatnya, filsafat ilmu dapat berdiri di tengah-tengah cabang ilmu pengetahuan dengan berbagai aturan dan pengarah bagi penerapan perkembanangan pendidikan. Adapun hubungan filsafat ilmu terhadap perkembangan pendidikan  merupakan upaya manusia dalam memahami suatu konsep dan metode dari sebuah disiplin Ilmu. perubahan dan perkembangan telah mengantar filsafat ke suatu konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana ilmu pengetahuan berkembang dengan masing-masing disiplin ilmu.

References

Agriyanto, R., & Rohman, A. (2015). Rekonstruksi filsafat Ilmu dalam Perspektif Perekonomian yang Berkeadilan. Junral At-Taqaddum, 7(1), 22-39. https://doi.org/10.21580/at.v7i1.1530

Carnap, R. (2012). An Introduction to the Philosophy of Science. New
York: Dover Publication, Inc.

Bakhtiar, A. (2012). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Carnap, R. (2012). An Introduction to the Philosophy of Science. New
York: Dover Publication, Inc.

French, S., & McKenzie, K. (2016). Rethinking outside the toolbox: Reflecting again on the relationship between philosophy of science and metaphysics. Poznan Studies in the Philosophy of the Sciences and the Humanities,104(3),25–54. https://doi.org/10.1163/9789004310827_003

Fukuda, K. (2020). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International Journal of ProductionEconomics,220(2),07129.https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033

Habibah, S. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166–180. http://e- jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/693

Harjanto, R., & Lasiyo. (2018). Filsafat Kehidupan dalam Perspektif Tao Te Ching Lao Tsu. Jakarta: Obor.
Hidayatullah, S. (2006). Relasi Filsafat dan Agama (Perspektif Islam).JurnalFilsafat,40(2),128–148. https://doi.org/10.22146/jf.31271

Ibda, H. (2019). Filsafat Umum Zaman Now. Pati: CV. Kataba Group.

Jalaludin. (2013). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. Rajagrafindo
Persada.

Juhaya. (2003). Aliran-Aliran Filsafat Dan Etika. Jakarta: Prenada Media Group.
Kirom, S. (2011). Filsafat Ilmu dan Arah Pengembangan Pancasila: Relevansinya Dalam Mengatasi Persoalan Kebangsaan. Jurnal Filsafat, 21(2), 99–118. https://doi.org/10.22146/jf.3111

Komara, E. (2012). Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Ladyman, J. (2012). Understanding philosophy of science (Routledge (ed.)). https://doi.org/10.4324/9780203463680

Latif, M. (2014). Orientasi Ke Arah Pemahaman Filsafat Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Levine, D. (2018). Auguste Comte and Positivism: The Essential Writings. Contemporary Sociology: A Journal of Reviews, 47(6), 677–688. https://doi.org/10.1177/0094306118805421c

Machamer, P. (2008). A Brief Historical Introduction to the Philosophy of Science. Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1002/9780470756614
Published
2022-05-12
How to Cite
Rahmat. (2022). HUBUNGAN FILSAFAT ILMU TERHADAP PERKEMBANGAN PENDIDIKAN. EDUKASI, 10(1), 72-80. https://doi.org/10.32520/judek.v10i1.1743