PROSES REVIEW

Semua artikel yang masuk ke JURNAL EDUKASI akan direview dengan metode double-blind review. Pengulas tidak mengetahui identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas pengulas. Secara umum, setiap artikel akan diulas oleh satu sampai dua orang pengulas (reviewer).

Tanggapan para reviewer akan menjadi dasar bagi editor untuk menyimpulkan

  1. Diperlukan Revisi (Revisions Required)
  2. Terima Pengajuan (Accept Submission)
  3. Tolak Pengajuan (Decline Submission)

Sebuah artikel ditolak untuk dipublikasikan karena berbagai pertimbangan, antara lain:

  1. Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup;
  2. Artikel tidak mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah / tidak mengikuti pedoman penulis;
  3. Kesalahan metodologi mendasar;
  4. Penulis menolak untuk memberikan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis;
  5. Terdapat indikasi plagiasi lebih dari 25%.