PANDUAN PENULIS

PANDUAN MANUSKRIP BAGI PENULIS

DI JURNAL EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

 [Times New Roman, 12, Bold, Capital Letter, Center]

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2

1Institusi (Penulis Pertama), 2 Institusi (Penulis Kedua)

 Email: [email protected] , [email protected] ,

[Times New Roman, 12, Center]

 

Abstrak

[Times New Roman, 12, Bold, Center]

Ketik abstrak menggunakan Bahasa Indonesia dengan ketentuan menggunakan font Times New Roman 12. Abstrak terdiri atas: pokok permasalahan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bentuk satu paragraf, tanpa acuan (referensi), tanpa singkatan/akronim, dan tanpa footnote. Abstrak ditulis bukan dalam bentuk matematis, pertanyaan, dan dugaan. Abstrak bukan merupakan hasil copy paste dari kalimat yang ada dalam isi naskah. Isi abstrak maksimal 300 kata.

Kata kunci: kata kunci satu; kata kunci dua; kata kunci tiga; dst (bahasa Indonesia minimal 3 kata kunci)

 

 PENDAHULUAN

Pendahuluan mencakup hal mendasar atau pentingnya permasalahan yang melatarbelakangi ditulisnya kajian/penelitian, ditulis dengan Times New Roman 12. 1,5 spasi, dan tanpa footnote.

 

KAJIAN TEORI

Kajian teori mencakup teori yang berkaitan dengan kajian/penelitian yang sedang menjadi topik. Teori dapat diambil dari berbagai sumber dengan ketentuan 5 - 10 tahun terakhir. Menggunakan system kutipan dengan sisitem APA. Direkomendasikan menggunakan aplikasi sitasi seperti Mendely, Zotero, dll. ditulis dengan Times New Roman 12. 1,5 spasi, dan tanpa footnote.

 

METODE

Metode berisikan jenis penelitian, populasi dan sampel, instrument penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan sebagainya. Ditulis dengan ditulis dengan Times New Roman 12. 1,5 spasi, dan tanpa footnote.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Isi Hasil dan Pembahasan 

Bahasan utama berisi hasil dan pembahasan, ditulis dengan ditulis dengan Times New Roman 12. 1,5 spasi, dan tanpa footnote. Hasil bukan merupakan data mentah, melainkan data yang sudah diolah/dianalisis dengan metode yang telah ditetapkan. Pembahasan adalah perbandingan hasil yang diperoleh dengan konsep/teori yang ada dalam tinjauan pustaka. Isi hasil dan pembahasan mencakup pernyataan, tabel, gambar, diagram, grafik, sketsa, dan sebagainya.

KESIMPULAN 

Kesimpulan merupakan ikhtisar dari penelitian yang telah dilakukan. Simpulan bukan merupakan ringkasan dari hasil pembahasan yang mengacu pada teori tertentu, tetapi hasil dari analisis data yang dibahas yang menjawab rumusan masalah penelitian. Ditulis dengan menggunakan Times New Roman 12. 1,5 spasi, dan tanpa footnote.

 

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka ditulis dengan font Times New Roman 12 dan ditulis 1 spasi. Daftar pustaka merupakan sumber acuan/rujukan yang dijadikan bahan kutipan penulisan naskah. Penulisan daftar pustaka menggunakan aturan American Psychological Association (APA) Style. Jumlah sumber rujukan yang dijadikan daftar pustaka literatur ilmiah (80% referensi primer dan 20% referensi sekunder). Sumber referensi primer, seperti: jurnal, laporan penelitian, dan makalah prosiding. Sumber referensi sekunder, seperti: buku, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber internet. Sebaiknya penulisan kutipan menggunakan aplikasi reference manager seperti Mendeley dan Zotero.

Contoh:

Arifin, (1995), Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo, (1997), Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kunandar, (2007), Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moh.Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (2010). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sofan Amri dan Khoiru Ahmadi, (2010), Proses Pembelajaran. Jakarta: Pesta Siputakarya.