Analisis Manfaat Biaya dan Akuntabilitas sebagai Dasar Penguatan Tata Kelola Pendidikan Sekolah yang Berkelanjutan

  • Hamdani Universitas Islam Indonesia
  • Selviana Effendi Universitas Islam Indragiri
  • Nopa Alpia Universitas Islam Indonesia
Kata Kunci: Analisis Manfaat Biaya,, dan Akuntabilitas, Tata Kelola Pendidikan .

Abstrak

Analisis manfaat biaya (Cost Benefit Analysis/CBA) dan akuntabilitas merupakan dua pilar penting dalam manajemen pendidikan modern untuk memastikan efektivitas, efisiensi, serta peningkatan mutu sekolah. CBA berfungsi sebagai metode evaluasi yang menilai kelayakan program pendidikan melalui perbandingan antara manfaat yang diperoleh dan biaya yang dikeluarkan, baik yang bersifat finansial maupun non-finansial. Peneluitian ini bertujuan untuk meniai apaka pengeluaran sekolah memberikan manfaat yang sepadan, mengnalisis tinkat transparan serta pertanggung jawaban dalam pengelolaan sekolah, dan menentkan bagaimana kedua aspek tersebut dapat memperbaiki tata kelola sekolah. Metode penelitian ini umumnya mnggunakan metode kualitatif melalui obsevasi dan studi dokumen seperti laporan keuangan sekolah, di sertai analisis cot-benefit untuk melihat hubungan antra biaya dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekoah dengan analisi mafaat biaya yang baik dapat mengelola anggaran secra efisien sementara akuntabilitas yang tingglal meninggakatkan kepercayan dan transpransi. Jika kedua spek ini berjalan bersamaan, tata kelola sekolah menjadi professional,efisien, transparan, dan berkelanjutan, sehigga mendukung perkembangan sekolah dalam jangka Panjang

Referensi

Imron, A. (2012). Implementasi akuntabilitas dalam pengelolaan sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 23(5),. https://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/3271

Mustari, M. (2014). Transparansi pengelolaan dana BOS pada sekolah dasar. Jurnal Administrare, 1(1), . https://ojs.unm.ac.id/administrare/article/view/1555

Mulyasa, E. (2017). Manajemen pendidikan dan akuntabilitas publik. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), https://ejournal.upi.edu/index.php/JIP/article/view/7645

Arikunto, S. (2010). Evaluasi program pendidikan: Pendekatan model CIPP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(2),. https://jurnal.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/273

Zainuddin, M. (2011). Efektivitas penggunaan anggaran pendidikan pada sekolah menengah. Jurnal Ekonomi& Pendidikan, 8(2),. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/1419

Slamet, P. H. (2013). Peran masyarakat dalam manajemen berbasis sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4),. https://jurnal.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/332

Susanto, H. (2016). Kinerja guru dan pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), . http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/7764

Sulistiyowati, F. (2017). Analisis pembiayaan pendidikan dan efisiensi sekolah. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2),. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpe/article/view/2994

Prihatin, E. (2015). Pengelolaan keuangan sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2),. https://journal.uny.ac.id/index.php/jap/article/view/8811

Khotimah, N. (2018). Efisiensi penggunaan dana BOS pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(1), . https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/19610

Suryadi, D. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan good governance. Jurnal Administrare, 1(2), 63–72. https://ojs.unm.ac.id/Administrare/article/view/2060

Rohiat. (2012). Akuntabilitas publik dan peningkatan kinerja sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(1), 55–66. https://journal.um.ac.id/index.php/jmp/article/view/3400

Rahmawati, N. (2021). Analisis cost-effectiveness dalam pembiayaan pendidikan menengah. Jurnal EkonomiPendidikan,10(1),–59.https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/39456

Wahyudi, A. (2020). Cost-benefit analysis implementasi program literasi sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan,26(2),100–https://ejournal.undip.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/31855

Nugroho, R. (2021). Tata kelola anggaran sekolah yang efektif dan transparan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 10(1), 25–36. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jkp/article/view/46027

Herlambang, A. (2019). Efisiensi sekolah menggunakan pendekatan DEA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 140–152. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/24218
Diterbitkan
2025-12-15