Pengaruh Unsur Sistem Pendidikan Terhadap Efektivitas Standar Biaya Pendidikan
Abstrak
Pengaruh unsur-unsur sistem pendidikan terhadap efektivitas standar biaya pendidikan. Unsur sistem pendidikan meliputi pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, interaksi edukatif, lingkungan pendidikan, serta sarana dan prasarana. Pendidik yang profesional, peserta didik yang termotivasi, tujuan pendidikan yang jelas, interaksi edukatif yang efektif, lingkungan pendidikan yang kondusif, serta sarana prasarana yang memadai terbukti meningkatkan efektivitas penggunaan biaya pendidikan. Sebaliknya, kurangnya kualitas pada salah satu unsur dapat menyebabkan pemborosan biaya dan menurunnya mutu pendidikan. Makalah ini menekankan pentingnya perencanaan, pengelolaan, dan evaluasi setiap unsur dalam sistem pendidikan agar dana yang dialokasikan dapat digunakan secara optimal untuk mencapai tujuan pendidikan.
Referensi
Atmaja. Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Dalam, Efisiensi, and Proses Pembelajaran. “Jurnal Prajaiswara” 0 (2022). https://doi.org/10.55351/prajaiswara.v3i1.42.
Eka P, Dia. “SISTEM PENDIDIKAN, PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM DAN KOMPONEN SERTA Fattah. Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosda, 2018.INTERPENDENSI ANTAR KOMPONEN PENDIDIKAN” 2, no. 4 (2021): 1147–52.
Marwiyah, Syaibatul, Ratri Wulandari, Yanti Dameria Sihite, Muhammad Zulkipli, Agus Salim Pohan, Universitas Muhammadiyah, and Sumatera Utara. “Pengukuran Efektivitas Penggunaan Anggaran Pendidikan Measuring the Effectiveness of Education Budget Utilisation” 4, no. 3 (2024): 1618–24.
Rahman , et al., 2022. “Pengertian_Pendidikan_Ilmu_Pendidikan_Da.” L-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022) https://doi.org/https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul PENGERTIAN.
Sulindawati, Ni Luh Gede Erni. “Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4, no. 1 (2018) https://doi.org/10.23887/jiis.v4i1.14363.
Talia, Maudy. “SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA” 9 (2022)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Talia, Maudy. “Sistem Pendidikan Islam Di Indonesia” 9 (2022)
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Sardiman A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.