Focus dan Scope

AL-AFKAR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, memberikan kesempatan kepada para peneliti dan profesional di bidang pendidikan untuk membahas isu-isu paling terkini terkait pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini juga membahas peran manajer pendidikan yang semakin kompleks, menawarkan beragam perspektif tentang permasalahan umum, dan menyediakan forum untuk berbagi ide, informasi, dan keahlian.

  1. Manajemen lembaga pendidikan Islam (sekolah, madrasah, pesantren, dan pendidikan tinggi Islam)
  2. Kepemimpinan dalam pendidikan Islam
  3. Kebijakan pendidikan Islam
  4. Manajemen kurikulum dan program dalam pendidikan Islam
  5. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan Islam
  6. Sistem Informasi manajemen pendidikan Islam
  7. Supervisi dan penjaminan mutu dalam pendidikan Islam
  8. Inovasi dan transformasi digital dalam administrasi pendidikan Islam
  9. Pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan Islam
  10. Manajemen keuangan dan fasilitas dalam pendidikan Islam
  11. Kolaborasi dan kemitraan dalam pengelolaan pendidikan Islam
  12. Manajemen pendidikan yang meliputi investigasi tekstual dan investigasi lapangan dengan perspektif pendidikan, filsafat, sejarah, teologi, sosiologi, antropologi, ilmu politik yang dikaitkan dengan Manajemen Pendidikan Islam dan lain-lain.