Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PERIKANAN DAN LINGKUNGAN: Journal of Fisheries and Environment (JPL)

Skope, Perikanan dan Lingkungan: Journal of Fisheries and Environment (JPL) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan penelitian empiris dan pengembangan ilmu pengetahuan terkini dalam bidang perikanan dan Lingkungan Perairan. JPL menerima manuskrip yang ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. JPL hanya memproses naskah asli yang diserahkan terkait dengan perikanan dan Lingkungan Perairan dan tidak dipublikasikan oleh penerbit lain. JPL menerima berbagai macam topik terkait kegiatan akuakultur, termasuk kesehatan organisme air, nutrisi, genetika, reproduksi, juga sistem akuakultur, permasalahan dan manajemen lingkungan perairan. Manuskrip (manuscript) di luar ketentuan tersebut tidak akan diterima. Pengarang koresponden bertanggung jawab atas keaslian penelitian dan isi dari naskah. Pengarang lain (jika ada) harus sudah menyetujui naskah yang dikirimkan. File berisi naskah/manuskrip dan formulir penyerahan artikel dapat diunggah melalui laman web http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jpl, dikirim ke alamat  e-mail atau langsung ke alamat redaksi.

 Redaksi Perikanan dan Lingkungan: Journal of Fisheries and Environment (JPL)

Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian Universitas Islam Indragiri

Jl. Provinsi Parit 1 Tembilahan Hulu Indragiri Hilir Riau 29213, Indonesia

No. Telp/CP: 0768-324918/+62 85278381332 e-mail: [email protected]

Web: http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jpl

Untuk memudahkan proses review, pengarang dianjurkan untuk merekomendasikan paling sedikit tiga mitra bestari yang bukan merupakan anggota dari institusi mereka dan belum pernah berasosiasi dengan mereka maupun laboratorium mereka disertai dengan alamat kontaknya.

 

 FORMAT PENULISAN

  1. Ketentuan umum
  2. Artikel diketik dalam 2 spasi pada kertas ukuran A4 (21 cm x 29,7 cm) dengan format satu kolom (column) dan margin 2 cm pada setiap sisinya. Huruf yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 12 pt menggunakan Microsoft Word for Windows. Artikel tidak boleh melebihi 20 halaman.
  3. Cantumkan no. halaman pada bagian kanan atas dimulai dengan halaman 1 pada bagian judul.
  4. Gunakan satuan ukuran metrik. Jika diperlukan, tulis istilahnya dalam bahasa Inggris diantara tanda kurung
  5. Pencantuman nama ilmiah dalam bentuk binomial atau trinomial latin (dalam huruf miring), digunakan untuk memperjelas keterangan organisme yang dimaksud. Pencantuman nama ilmiah yang sudah umum, tidak diharuskan. Penulisan lengkap nama ilmiah ditulis ketika pertama kali disebutkan dalam teks, setiap gambar, dan setiap tabel.
  6. Satuan Sistem Internasional (SI) termasuk yang diturunkan harus digunakan. Gunakan tanda garis miring untuk menunjukkan suatu rasio (contoh: mg/L bukan mg.L-1).
  7. Data yang dilaporkan harus menggambarkan ketelitian yang dijamin dalam metode percobaan.
  8. Singkatan dan lambang yang dipakai adalah yang lazim digunakan, terutama dalam masyarakat ilmiah. Singkatan yang lain dapat digunakan jika setiap singkatan tersebut diberikan kepanjangannya sewaktu pertama kali disebutkan dalam artikel.
  9. Tulislah angka satu sampai sepuluh dengan menggunakan huruf kecuali jika diikuti dengan satuan ukuran (contoh: empat ekor ikan, 4 kg, 14 ekor ikan). Jangan mengawali kalimat dengan angka. Gunakan penulisan 1.000 bukan 1000, dan % bukan persen.
  10. Gunakan sistem waktu 24 jam (contoh: jam 08.30 atau 08.30 h bukan 08.30 a.m in English). Penulisan tanggal menggunakan susunan hari bulan tahun (contoh: 7 Agustus 1990 atau 7 August 1990).
  11. Setiap referensi yang dikutip dalam naskah harus dicantumkan dalam daftar pustaka, begitu pula sebaliknya (perlu selalu dikoreksi baik ejaan maupun tahun).
  12. Penulisan kutipan dalam naskah mengikuti aturan sebagai berikut.

-  Penulis tunggal: Jones (1994) atau (Jones, 1994)

-  Dua orang penulis: Smith dan Jones (1994) atau (Smith dan Jones, 1994)

-  Tiga orang penulis atau lebih: Smith et al. (1994) atau (Smith et al., 1994)

-  Sitiran naskah yang sudah diterima: Jones (menunggu proses) atau (Jones, menunggu proses), atau: Jones (in press) or (Jones, in press).

-  Sangat tidak dianjurkan menggunakan kutipan dari referensi yang belum diterbitkan atau hanya berdasar komunikasi pribadi. Namun jika hal itu diperlukan, gunakan cara penulisan: Ishihara (Humboldt State University, data belum diterbitkan) atau Ishihara (Humboldt State University, komunikasi pribadi).

-  Gunakan tanda kurung dan pisahkan dengan tanda titik koma untuk menyebutkan beberapa referensi literatur, tabel, dan gambar. Contoh: (Smith, 1991; Jones, 1994) (Tabel 1; Gambar 2). Urutkan referensi mulai dari tahun yang paling lama.

  1. Bagian bab manuskrip berupa pendahuluan, bahan dan metode, hasil, pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, serta daftar pustaka ditulis di bagian tengah halaman (aligment center). Semua huruf ditulis dengan huruf kapital (uppercase) dan dicetak tebal (bold).
  2. Bagian sub judul ditulis dengan huruf kapital pada awal kalimat (sentence case), dicetak tebal (bold), dan posisikan pada sebelah kiri halaman (aligment left/justify). Bagian anak sub judul tidak di cetak tebal, namun dicetak miring (italic).

 

SUSUNAN ARTIKEL

Bagian artikel disusun dengan urutan sebagai berikut:

  1. Judul

- Judul dibuat dalam bahasa Indonesia diikuti dalam bahasa Inggris untuk manuskrip  berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris diikuti dalam bahasa Indonesia untuk manuskrip berbahasa Inggris.

- Tulis judul di tengah halaman (aligment center) bagian atas dengan huruf kapital terkecuali nama ilmiah yang ditulis berdasarkan ketentuan penulisan nama ilmiah.

  1. Nama Penulis dan Lembaga

Cantumkan nama, dan institusi penulis (ditulis lengkap) setelah bagian judul. Contoh:

Penulis Pertama1, Penulis Kedua2

e-mail penulis pertama

Catatan kaki:

1Alamat Institusi Penulis Pertama

2Alamat Institusi Penulis Kedua

  1. ABSTRACT

Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, untuk manuskrip berbahasa Indonesia dan sebaliknya untuk manuskrip berbahasa Inggris. Abstrak berisi ringkasan singkat artikel (maksimal 250 kata) mencakup penjelasan mengenai mengapa penelitian dilakukan, metode, hasil penelitian serta apa arti dari hasil tersebut. Hindari penggunaan singkatan kecuali singkatan yang sudah umum digunakan atau yang telah disebutkan sebelumnya.

  1. Kata kunci

Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, maksimal 5 kata, disusun mulai dari kata yang paling khusus ke umum.

  1. PENDAHULUAN

Berisi latar belakang dan tujuan penelitian. Latar belakang harus disajikan dengan jelas agar pembaca dapat mengerti dan dapat mengevaluasi hasil penelitian tanpa harus membaca publikasi sebelumnya yang berkaitan dengan topik artikel. Gunakan pustaka yang benar-benar mendukung pembahasan dalam artikel.

  1. BAHAN DAN METODE

Bagian ini harus menyajikan informasi teknis yang jelas yang memungkinkan percobaan dapat dilakukan kembali. Metode yang telah dipublikasikan sebelumnya harus ditulis sebagai pustaka, hanya modifikasi yang relevan yang harus dijelaskan.

  1. HASIL

Hasil dan pembahasan dapat ditulis terpisah atau digabung. Hasil harus disajikan secara jelas dan rinci. Pernyataan pada hasil dapat berdasarkan metode yang dilakukan atau hasil dapat berupa teks, tabel, dan gambar.

  1. PEMBAHASAN

Bahas data hasil di bagian ini. Bandingkan dengan penelitian sebelumnya. Tonjolkan kesamaan, perbedaan, dan keunikan penelitian anda. Jelaskan sebab terjadinya (data) hasil pada penelitian anda.

  1. KESIMPULAN

Bagian ini menyajikan kesimpulan dari hasil penelitian yang bisa ditulis secara terpisah atau dimasukkan sebagai bagian dari Pembahasan.

10.UCAPAN TERIMAKASIH (opsional)

Bagian ini dapat digunakan untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dana penelitian yang diterima dan untuk menghargai institusi atau orang-orang yang telah membantu selama penelitian dan proses penulisan artikel berlangsung.

11.DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka memuat pustaka yang dipublikasikan atau tidak dipublikasikan, seperti skripsi, tesis, dan disertasi, dengan catatan pustaka yang tidak dipublikasikan tersebut tersedia. Rujukan kepada data yang tidak dipublikasikan, komunikasi pribadi dan laporan yang tidak tersedia sangat tidak dianjurkan, namun jika diperlukan harus ditujukan dalam kurung (pada teks). Daftar pustaka harus disusun secara alfabetik dari penulis pertama. Apabila terdapat dua atau lebih publikasi dari penulis yang sama pada tahun yang sama, maka pada tahun penerbitan publikasi tersebut ditambahkan huruf kecil yang dapat membedakan (sebagai contoh: (Alimuddin et al., 2009a,b; Ekasari dan Wiyoto (2010a)). Penulisan daftar pustaka harus mengikuti aturan seperti yang dicontohkan sebagai berikut:

Artikel Jurnal

Penulis A. B., Penulis, C. D dan Penulis, E. F. 2013. Judul artikel. Nama Jurnal volume: halaman. Contoh: Shirakashi, S., Hirano, C., Asmara, B. A., Noor, B. M., Ishimaru, K dan Miyashita, S. 2013. Shading reduces Neobenedenia girellae infection on cultured greater amberjack Serioladumerili. Fish Pathology. Vol. 48(1): 25–28.

Buku

Penulis, G. H dan Penulis, I. J. 2010. Judul Buku, 3rd edition. Tempat terbit: Nama Penerbit. Contoh: [FAO]. 2010. The State of World Fisheries and Aquaculture 2010. Roma, Italia: FAO.

Bab dalam Buku

Penulis, K. L dan Penulis, M. N. 2012. Judul bab: Subjudul. In: Editor EF, Editor GH (eds). Judul Buku, 2nd edition. Tempat terbit: Nama Penerbit. pp halaman yang dirujuk. Contoh: Tidwell JH, Allan G. 2012. The role of aquaculture: Status of aquaculture. In: Tidwell JH (ed). Aquculture Production Systems. Lowa, USA: John Wiley & Sons. pp 7‒11.

Tesis atau disertasi

Penulis, Q. R. 2009. Judul tesis [Tesis]. Institusi penerbit. Kota penebit. Contoh: Rohmana, D. 2009. Konversi limbah budidaya ikan lele (Clarias sp.) menjadi biomassa bakteri heterotrof untuk perbaikan kualitas air dan makanan udang galah (Macrobrachium rosenbergii) [Tesis]. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Publikasi elektronik

Penulis, S. T. 2008. Judul artikel. alamat akses. [tanggal akses]. Contoh: Windisch, S., Schedle, K., Pliztner, C dan Kroismayr, A. 2008. Use of phytogenic products as feed additives for swine and poultry. J. Anim. Sci. 86:W140-E148. http://jas.fass.org/cgi/content/full86/14_suppl/E140. [29 Desember 2009].

IUCN [International Union for Conservation of Nature and Natural Resources]. 2007. The IUCN red list of threatened species: 2001 categories and criteria (Version 3.1) http://www. iucnredlist.org. [8 Oktober 2007].

Tidak diperkenankan menggunakan pustaka yang berasal dari blog dan sejenisnya, yang isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hindari juga penggunaan pustaka dari prosiding. Gunakan pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah minimal 80% dari total jumlah referensi yang digunakan.

 

12.Tabel

Berikan penomoran arab pada judul tabel. Nilai pada tabel sebaiknya dilengkapi dengan standar deviasi untuk setiap data yang dirata-ratakan. Setiap singkatan, simbol, maupun informasi pada tabel dideskripsikan di dalam catatan kaki. Gunakan font 10,5 untuk judul, isi dan catatan kaki tabel. Nomor tabel harus diidentifikasikan dalam teks.

13.Gambar

Tampilkan grafik dan foto dalam format warna hitam-putih.

1. Grafik

Berikan penomoran arab pada judul gambar dan akhiri kalimat dengan titik. Standar deviasi harus dicantumkan untuk setiap nilai yang dirata-ratakan. Penulis yang menggunakan Microsoft Excel Program sebaiknya menyertakan pula datanya, atau minimal menyertakan grafik dalam format tersebut. Gunakan font 10,5 untuk judul, isi, dan catatan pada grafik. Khusus grafik batang, tampilkan grafik dengan arsiran berbeda untuk maksud yang berbeda pula.

 2. Foto

Sertakan skala pada foto jika diperlukan. Berikan pula tanda panah untuk memperjelas bagian foto yang dikhususkan.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.