ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA/i MANAJEMEN UNISI)
Abstract
This study aims to determine whether there is an influence between Price, Product Quality, and Promotion on Purchase Decisions on the Shopee application.From the 83 research samples, the results of the analysis test were obtained using a partial test (t test) showing that the price variable has a t count of 0.143 which is less than t table 1.990, and a significant value of 0.887 which is less than 0.025. So it can be concluded that the price variable has no partial effect on purchasing decisions.
The product quality variable has a t count of 7.850 greater than the t table of 1.990 and a significant value of 0.000 less than 0.025. So it can be concluded that the product quality variable has a partial effect on purchasing decisions. And for the promotion variable, has a t count of 6.937 greater than t table 1.990, and a significance value of 0.000 less than 0.025. So it can be concluded that the promotion variable has a partial effect on purchasing decisions. From the simultaneous test (f test) it can be seen that the f count is 1160.252 and the f table with a degree of burden (df) n-k or 83-2 = 81. With a 10% test or 0.1, the f table is 2.72 so the f count is 1160.180 > f table 2.72 and a significant value is 0.000 <0.05. So it can be concluded that the price variable (X1) d product quality (X2) and promotion (X3) together have a simultaneous influence on purchasing decisions at Shopee.
Keywords: Price, Product Quality, Promotion, and Purchase Decision.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Harga, Kualitas Produk, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada aplikasi Shopee. Dari 83 sampel penelitian diperoleh hasil analisis pengujian yaitu dengan uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel harga memiliki t hitung 0,143 lebih kecil dari t tabel 1,990 dan nilai signifikan 0,887 lebih kecil dari 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.Variabel kualitas produk memiliki t hitung 7,850 lebih besar dari t tabel 1,990 dan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.Dan untuk variabel promosi memiliki t hitung 6,937 lebih besar dari t tabel 1,990 dan nilai signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.Dari uji simultan (uji f) dapat diketahui bahwa f hitung sebesar 1160,252 dan f tabel dengan derajat kebebanan (df) n-k atau 83-2 = 81. Dengan pengujian 10% atau 0,1 maka diperoleh f tabel sebesar 2,72 sehingga f hitung 1160,180 > f tabel 2,72 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel harga (X1) d kualitas produk (X2) dan promosi (X3) secara bersama-sama memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembeliandi Shopee.
Kata Kunci :Harga,Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian.