PENGARUH KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI ASN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • SYAFRINA DINA UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI
  • WIDYAWATI UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI
  • VINA TIARA FUJI LAILI UNIVERSITAS ISLAM INDRAGIRI
Keywords: Kemampuan, Keterampilan, dan Efektivitas Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan secara parsial terhadap efektivitas kerja pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh keterampilan terhadap efektivitas kerja pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan dan keterampilan secara simultan terhadap efektivitas kerja pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu variabel bebas 2 dan variabel terikat 1. Variabel bebas adalah kemampuan dan keterampilan dan variabel terikat adalah efektivitas kerja.

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 63 orang. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sampling jenuh yaitu keseluruhan pegawai yang berjumlah 63 orang pegawai. Jenis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data adalah data sekunder dan primer. Selain itu, teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara dan pengajuan daftar pertanyaan (kuesioner) serta studi kepustakaan. Adapun analisa datanya adalah menggunakan SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 20,0  for windows.

Hasil ini menunjukkan bahwa Kemampuan thitung  sebesar 8,620 >2,000 sehingga secara parsial Kemampuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Dan variabel Keterampilan thitung sebesar 2,709 > 2,000 sehingga secara parsial Keterampilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Uji simultan diketahui bahwa variabel Kemampuan dan Keterampilan memiliki nilai Fhitung sebesar 47,457 > 3,15 sehingga Kemampuan dan Keterampilan berpengaruh secara bersama-sama berpengaruh signfikan terhadap Efektivitas Kerja Pegawai ASN Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Indragiri Hilir. Nilai koefesien determinasi (R2 ) sebesar 0,613 yang berarti 61,3% variasi Efektivitas Kerja (Y) yang dapat dijelaskan oleh variabel Kemampuan (X1) dan Keterampilan (X2). Sedangkan sisanya 38,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi penelitian ini.

Published
2022-06-10
Section
Articles