PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA LAYANAN PADAELITE HOTEL TEMBILAHAN

  • Helly Khairuddin Universitas Islam Indragiri
  • SHEREEN FEBRY MELANIE Universitas Islam Indragiri
Keywords: Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Perhatian, Berwujud, Kepuasaan Konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Elite Hotel TembilahanVariabel dalam penelitian ini terdiri atas
variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah variabel Daya Tanggap (X1),
Kehandalan (X2), Jaminan (X3), Perhatian (X4), Berwujud (X5) dan variabel terikat adalah
Kepuasaan Konsumen (Y).
Penelitian ini dilakukan padaElite Hotel Tembilahan. Selain itu Jenis data yang
digunakan adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Selain itu sumber data yang
digunakan data sekunder dan primer, teknik pengumpulan data yaitu melalui kuesioner
dengan teknik analisis data menggunakan persamaan regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian diperoleh persamaan garis regresi linier berganda adalahY
=5,644 + 0,412 (X1)+ -0,086 (X2) + 0,484 (X3) + 0,386 (X4) + 0,676 (X5). nilai R
Square (R2) sebesar 0,890 atau 89% . Hal ini berarti variabel kepuasaan kosumen
dipengaruhi oleh lima variabel bebas yaitu daya tanggap, kehandalan, perhatian, jaminan
dan berwujud. Dan sisanya 11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan
dalam variabel penelitian ini. Berdasarkan uji secara parsial bahwa variabelDaya Tanggap
(X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasaan konsumen (Y), Kehandalan (X2)
tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasaan konsumen (Y), Jaminan (X3)
berpengaruh secara parsial terhadap kepuasaan konsumen, Perhatian (X4) berpengaruh
secara parsial terhadap kepuasaan konsumen (Y), Berwujud (X5) berpengaruh secara
parsial terhadap kepuasaan konsumen (Y). Berdasarkan uji secara simultan bahwa
variabel Daya Tanggap (X1), Kehandalan (X2), Jaminan (X3), Perhatian (X4), Berwujud
(X5)secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen
(Y)

Published
2022-12-22
Section
Articles
Abstract viewed = 3 times
pdf downloaded = 9 times