PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PENYALAHGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN INTEGRASI MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI SEBAGAI CALON AKUNTAN (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Indragiri)

  • Ranti Melasari
Keywords: Motivasi Belajar, Penyalahgunaan Teknologi Informasi, Integrasi Mahasiswa, Perilaku Kecurangan Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh motivasi, penyalahgunaan teknologi informasi dan integritas mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik, dan pengaruh. Lokasi penelitian ini adalah Universitas Islam Indragiri. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 UNISI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sejumlah 104 orang. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik (p= 0,183 > 0,005), integritas mahasiswa tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik (p= 0,524 > 0,005), sedangkan penyalahgunaan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap perilaku kecurangan akademik (p= 0,000 < 0,005). Secara simultan motivasi belajar, penyalahgunaan teknologi informasi dan integritas mahasiswa secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Islam Indragiri.

Published
2019-07-31