Author Guidlines

Use Author Guideline with download from template by click this template

 FORMAT

  1. Jenis huruf Times New Roman dalam ukuran 9 (kecuali judul dengan font 12) dan ditulis dalam spasi single
  2. Artikel sebaiknya terdiri tidak lebih dari 7.000 kata atau antara 10 s.d 20 halaman A4
  3. Marjin atas 3 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm dan kanan 3 cm
  4. Semua halaman, termasuk tabel, lampiran dan referensi sebaiknya diberi nomor halaman

 JUDUL (font 12)

Judul publikasi (berbeda dengan judul penelitian) yang ditulis dengan huruf kapital/besar, mengandung kata kunci utama, tidak menggunakan singkatan, 12-14 kata dan dalam bentuk rata-rata tengah. Penulis perlu menuliskan juga judul pendek yang ditulis sebagai page footer di setiap halaman jurnal.

ABSTRAK

Abstrak ditulis menggunakan Bahasa Inggris (ditulis miring (italic) terlebih dahulu kemudian Bahasa Indonesia. Jumlah kata tidak melebihi 150 kata, tidak ada kutipan dan singkatan/ akronim. Abstrak harus diawali dengan pendahuluan (latar belakang, masalah, dan tujuan). Metode (desain, sampel, cara pengumpulan, dan analisis data). Hasil yang ditulis adalah hasil riset yang diperoleh untuk menjawab masalah riset secara langsung.  Tuliskan satu atau dua kalimat untuk mendiskusikan hasil dan kesimpulan.

PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi justifikasi pentingnya penelitian dilakukan. Kebaruan hal yang dihasilkan dari penelitian ini dibandingkan hasil penelitian sebelumnya perlu ditampilkan dengan jelas. Nyatakan satu kalimat pertanyaan (masalah penelitian) yang perlu untuk menjawab seluruh kegiatan penelitian yang dilakukan penulis. Penulisan pendahuluan tidak melebihi enam paragraph.

TINJUAN PUSTAKA

Tinjuan pustakan merupakan kajian kepustakaan yang relevan dengan masalah penelitian. Tinjuauan pustakan berisi konsep dan teori yang digunakan berdasarkan literature yang tersedia, terutama dari artikel-artikel yang dipublikasian dalam berbagai jurnal ilmiah.

METODOLOGI PENELITIAN

Metodologi penelitian menjelaskan tentang desain, sampel, instrumen, prosedur pengambilan, pengolahan, dan analisis data, serta etika pengambilan data.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Bagian ini berisi gambaran umum objek penelitian, hasil dan pembahasan penelitian. Hasil dinyatakan berdasarkan tujuan penelitian.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan merupakan jawaban hipotesis yang mengarah pada tujuan penelitian. Peneliti perlu mengemukakan implikasi dari hasil penelitian untuk memperjelas dampak hasil penelitian ini pada kemajuan bidang ilmu yang diteliti. Saran untuk penelitian lebih lanjut dapat dituliskan pada bagian ini.

DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustakan hanya memuat artikel yang telah dipublikasi, dan dipilih yang paling relevan dengan naskah. Semua rujukan yang tertulis dalam referensi harus dirujuk di dalam naskah.