PENGARUH SISTEM REWARD DAN PROFIT CENTER TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
( Studi Empiris Pada Perbankan di Tembilahan )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah sistem reward dan profitcenter berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada perusahaan Perbankan di Tembilahan.Jenis data di dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Jenis data yang dipakai adalah data primer. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner langsung kepada responden dan mengambilnya kembali setelah pengisian kuesioner selesai dikerjakan.
Model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, dengan pengujian kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dan uji realiabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas data, heteroskedastisitas data dan uji multikoliniaritas. Uji Hipotesis yang digunakan digunakan adalah ujia t (uji parsial), uji statistik f dan uji koefisien determinasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial sistem reward tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan tingkat signifikan 75,9% pada perusahaan perbankan di Tembilahan dan Profit center berpengaruh dengan sistem manajerial dengan tingkat signifikan 98,4%, namun secara simultan sistem reward dan profit center berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan tingkat signifikansi sebesar 99,7 % pada perusahaan perbankan di Tembilahan.
Nilai R2 atau nilai koefisien determinasi sebesar 0,301 yang berarti bahwa kemampuan variabel-variabel bebas dalam menjelaskan varians variabel terikat adalah sebesar 30,1%. Masih terdapat 69,9% varians variabel terikat yang belum mampu dijelaskan oleh variabel bebas dalam model penelitian ini.