Etika Publikasi

Etika Publikasi
Jurnal Agro Indragiri telah sepakat untuk mengikuti standar etika yang ditetapkan oleh Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi Universitas Islam Indragiri Penulis harus patuh dan memperhatikan kepenulisan, publikasi duplikat (mubazir), pemalsuan data, manipulasi kutipan, serta persetujuan etis dan Hak Kekayaan Intelektual.

Tugas Badan Penerbit dan Publikasi Fakultas Pertanian Prodi Agroteknologi UNISI
Menyusun petunjuk pelaksanaan pengelolaan penerbitan dan publikasi jurnal ilmiah dan hasil penelitian di lingkungan Universitas Islam Indragiri; Mengoordinasi kegiatan penerbitan karya ilmiah bagi dosen dan mahasiswa; Mendorong dan membina penerbitan jurnal ilmiah di lingkungan Universitas Islam Indragiri untuk dapat menjadi jurnal menuju taraf Nasional Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam menghasilkan materi publikasi yang berkualitas, terutama dari para peneliti/dosen dan mahasiswa; Mengoordinasikan pengelolaan Unisi; serta Melakukan kerja sama di bidang penerbitan dan publikasi
Editor Bertugas Untuk Memimpim Dan Bertanggung Jawab Atas Pengelolaan Jurnal UNISI
Memutuskan apakah naskah yang diusulkan dapat dimuat pada Jurnal UNISI; Memilih, menetapkan dan menunjuk anggota peer reviewer berdasarkan kepakarannya; Meminta calon penulis untuk menyumbangkan naskah; Menjadwalkan naskah yang diterima untuk dipublikasikan; Mengatur keseimbangan beban pekerjaan antara editor dan reviewer; Menyelesaakan perselisihan atau ketidaksepahaman berkaitan dengan penyunitngan dan publikasi naskah dalam jurnal; Melakukan evaluasi penerbitan secara keseluruhan
Kerahasiaan
Editor dan staf editor tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diajukan kepada orang lain selain penulis yang bersangkutan, reviewer, potensial reviewer, penasehat editorial lainnya, dan penerbit yang sesuai. Setiap naskah yang telah diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tersebut tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali dengan izin dari editor.
Konflik kepentingan
Penulis harus mengakui semua sumber dukungan keuangan kelembagaan, swasta dan perusahaan untuk penelitian di dalam naskah, dan mencatat setiap potensi konflik kepentingan.
Keterlibatan dan Kerjasama
Editor harus mengambil langkah-langkah yang cukup responsif ketika ditemukan keluhan pada etika mengenai naskah yang diajukan dalam hubungannya dengan penerbit (atau masyarakat). Langkah-langkah ini secara umum meliputi menghubungi penulis naskah dan memberikan pertimbangan dari keluhan masing-masing atau klain yang telah dibuat, komunikasi lebih lanjut ke instansi terkait dan badan-badan penelitian dan jika keluhan telah ditegakkan maka koreksi publikasi, penarikan kembali, ungkapan permintaan maaf, atau catatan lain yang mungkin relevan.
Tugas dan tanggung jawab pengarang/ penulis yaitu:
1. Memastikan bahwa , daftar pengarang/ penulis memenuhi kriteria sebagai pengarang/ penulis.
2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan perinciannya.
3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung.
4. Menjelaskan keterbatasan-keterbatasan dalam penelitian.
5. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bestari secara profesional dan tepat waktu.
6. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya.
7. Membuat pernyataan bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan di mana pun dalam bahasa apa pun, serta tidak sedang proses pengajuan ke penerbit lain.