OPTIMALISASI MEDIA DIGITAL SEBAGAI ALAT INOVATIF DALAM BRANDING UMKM BINGKA PANDAN PERMAI DAN KERIPIK KOIN UBI SHILEY

  • Banokta Firnandes Universitas Islam Indragiri
  • Darmawati Universitas Islam Indragiri
  • Dudik Wahyono Universitas Islam Indragiri
  • E. Indah Ramadhani Universitas Islam Indragiri

Abstrak

Bisnis kecil dan menengah (UMKM) Bingka Pandan Permai dan Keripik Koin Ubi Shiley memiliki potensi besar untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan menarik perhatian konsumen dengan mengoptimalkan penggunaan media digital. Studi ini menyelidiki penggunaan Facebook, logo, dan poster sebagai alat kreatif untuk branding UMKM. Penelitian ini menggunakan Metode difusi iptek. Kedua UMKM dapat menggunakan Facebook sebagai media sosial utama untuk menyebarkan konten informatif, berinteraksi langsung dengan konsumen, dan meningkatkan jangkauan promosi mereka dengan menggunakan poster digital dan cetak yang kuat. Studi ini akan merekomendasikan UMKM Bingka Pandan Permai dan Keripik Koin Ubi Shiley untuk menggunakan strategi branding digital yang kreatif dan konsisten yang memadukan Facebook, logo, dan poster untuk meningkatkan citra, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan memperoleh keuntungan yang berkelanjutan

Diterbitkan
2025-08-31