ANALISIS PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PENJUALAN GULA MERAH PAK WIDODO DI DESA RUMBAI JAYA
Abstrak
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mempunyai peranan penting dan strategis dalam pertumbuhan ekonomi, maka perlu adanya strategi untuk meningkatkan volume penjualan UMKM . Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang menekankan pada berbagai faktor yang dikenal dengan istilah
4P(product, price, place, promotion). Inovasi kualitas produk menjadi strategi penting dalam bauran pemasaran UMKM untuk meningkatkan penjualan produk. Kualitas produk yang baik dapat memberikan nilai tambah, melindungi produk, serta meningkatkan citra dan kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah strategi pemasaran dan kualitas produk Gula Merah pak Widodo dapat meningkatkan jumlah penjualan produknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif untuk menyelidiki keadaan, kondisi secara sistematis, faktual dan akurat, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan dan inovasi kualitas produk dapat meningkatkan jumlah penjualan Gula Merah pak Widodo.