ANALISIS PEMASARAN PINANG DI KELURAHAN KUALA LAHANG KECAMATAN GAUNG

  • Hesti Handayani Program Studi Agribisnis Universitas Islam Indragiri
  • Yuslizar Program Studi Agribisnis Universitas Islam Indragiri
  • Gunawan Syahrantau Program Studi Agribisnis Universitas Islam Indragiri
Keywords: pemasaran, pinang, efisiensi

Abstract

Tanaman pinang (Areca catehu L) merupakan tanaman yang sudah sangat dikenal oleh masyarkat akibat penyebaran secara alaminya cukup luas di berbagai daerah. Pinang memiliki banyak manfaat, namun saat ini banyak masyarakat hanya mengenal pinang sebagai tanaman yang bermanfaat untuk bahan makan sirih saja, padahal masih banyak manfaat lain antara lain sebagai tanaman penghijau, bahan bangunan, bahan ramuan tradisional, bahan baku industry kosmetik, kesehatan dan bahan pewarna pada industry teksil.Dari beberapa provinsi produsen pinang yang ada di Indonesia tercatat Provinsi Riau merupakan salah satu wilayah produsen pinang dengan luas perkebunan pinang 19.521 Ha yang menyebar di hampir semua kabupaten yang ada. Salah satu kabupaten yang membudidayakan tanaman pinang di Provinsi Riau adalah Kabupaten Indragiri Hilir. Luas lahan pinang di kabupaten Indragiri Hilir pada tahun 2019 adalah 19.039 Ha. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran, besarnya marjin pemasaran,farmer share, keuntungan pemasaran dan efesiensi pemasaran pinang di Kelurahan Kuala Lahang Kecamatan Gaung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive (sengaja). Metode analisis yang digunakan adalah : (1) saluran pemasaran dan (2) analisis pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : total margin disaluran I sebesar Rp 9.000,- sementara efisiensinya adalah 6,66 % sedangkan total margin disaluran II sebesar Rp 8.500 dan nilai efiseinsinya sebesar 3.33%.

References

Mubyarto. (2006). Ekonomi Pertanian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Firmanda, Nanda; Lukman, M.Baga; Joko Purwono. (2022). Analisis Pemasaran Pinang di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Naimena, F., & Nubatonis, A. (2017). Analisis Pemasaran Pinang Kering Oleh Pedagang di Kecamatan Kota Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. AGRIMOR, 2(02), 27-29. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/ag.v2i02.303.

Seran, M., Adar, D., & Telnoni, H. (2019). Analisis Pemasaran Pinang di Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang. Buletin Ilmiah IMPAS, 20(3), 222-230. https://doi.org/10.35508/impas.v20i03.1878

Sudiyono, A. (2004). Pemasaran Pertanian. Malang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono Fandy. (2000). Faktor-Faktor Penentu Kepemimpinan Pasar, Andi, Yogyakarta

Published
2023-01-24