JAMBORE LITERASI: UPAYA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI PROJEK KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SDN 015 PALARAN

  • Hety Diana Septika Universitas Mulawarman
  • Fara Virgianita Pangadongan Universitas Mulawarman
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan
Keywords: jambore literasi; literasi; numerasi; proyek kreatif; kearifan lokal.

Abstract

Urgensi literasi dan numerasi sebagai kompetensi dasar bagi siswa di jenjang dasar menjadi problematika tersendiri. Dalam implementasi penguatan literasi dan numerasi pemerintah mengaitkan dengan ekosistem pendidikan secara umum di suatu wilayah. Strategi penguatan dalam tiga ranah lingkungan sangat penting untuk penguatan literasi, yakni dalam lingkungan yang kaya teks, lingkungan sosial afektif, dan lingkungan akademik. Implementasi strategi ini pada ketiga lingkungan dapat dilakukan melalui suatu proyek kreatif bagi siswa. Materi proyek kreatif dapat terkait dengan nilai-nilai kearifan lokal. Namun tidak semua sekolah terutama sekolah dasar (SD) dapat melakasanakan kegiatan ini, dikarenakan keterbatasan fasillitas dan kurangnya penyuluhan terkait startegi penguatan literasi dan numerasi. SDN 015 Palaran merupakan salah satu SD yang memiliki permasalahan terkait keterampilan literasi dan numerasi siswa yang masih rendah. Berdasarkan hal ini maka penting untuk melakukan suatu strategi penguatan literasi dan numerasi sebagai solusi dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa di SDN 015 Palaran. Adapun kegiatan yang akan dilakukan di sekolah ini berupa seminar terkait strategi penguatan literasi dan numerasi bagi guru, penyuluhan kepada pihak sekolah terkait kegiatan jambore literasi yang akan dilakukan, kegiatan donatur buku, kegiatan proyek kreatif di kelas dan lingkungan sekitar sekolah (kampung nelayan dan kampung pilah), kegiatan pameran karya literasi siswa, kegiatan storytelling dan mendongeng serta lomba-lomba bertema literasi numerasi.

References

[1] Han, W. et al., Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kemdikbud, 2017.
[2] Kemdikbud, “Panduan Penguatan Literasi Dan Numerasi Di Sekolah,” 2021
[3] Abidin, Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis, Jakarta. Bumi Aksara, 2017.
[4] Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pengembangan Gerakan Literasi. 2015.
[5] S. Wahyuni, “Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat,” Diksi, vol. 17, no. 1, pp. 179–189, 2015.
[6] R. Perdana and M. Suswandari, “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar,” Absis Math. Educ., vol. 3, no. 1, 2021, doi: doi: 10.32585/absis.v3i1.1385.
Published
2025-02-28
How to Cite
Diana Septika, H., Virgianita Pangadongan, F., & Prasetya, K. H. (2025). JAMBORE LITERASI: UPAYA PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI PROJEK KREATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SDN 015 PALARAN. LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 3(1), 1-6. https://doi.org/10.32520/landmark.v3i1.3994