Praktik Desain Logo dan Feeds Instagram Produk Olahan Mangrove Menggunakan Aplikasi Canva

  • Denita Maharani Universitas Balikpapan
  • Marulan Andivas Universitas Balikpapan
Keywords: Canva, Digital Marketing, Logo, Media Sosial

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penerapan digital marketing bagi sebuah usaha dalam meningkatkan branding. Melalui pembuatan logo, produk olahan mangrove menjadi lebih mudah dikenali dan dibedakan dengan produk pesaing. Informasi produk dapat lebih mudah dijangkau konsumen melalui feeds Instagram. Terdapat dua metode dalam menjalankan kegiatan ini. Pertama, observasi berupa pertanyaan-pertanyaan. Kedua, pelaksanaan kegiatan melalui seminar atau pemberian materi serta praktik. Masyarakat menjadi tahu alat desain grafis Canva, cara mengakses, fitur-fitur, cara penggunaannya, serta informasi apa yang sebaiknya difokuskan dalam sebuah desain untuk meningkatkan keunggulan produk, seperti produk yang diproduksi dan jenis mangrove sebagai bahan baku utama. Melalui kegiatan ini, produk olahan mangrove mempunyai platform khusus untuk memasarkan produknya, tanpa tercampur dengan media sosial pribadi.

References

[1] S. Sarfiah, H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” J. REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.
[2] P. I. Rachmawati and N. Hariyana, “Sosialisasi Strategi Pengembangan Umkm Melalui Digital marketing Kelurahan Turi Kota Blitar,” J. Pengabdi. Kpd. …, vol. 4, no. 3, pp. 1678–1684, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1176%0Ahttps://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/download/1176/883
[3] E. Mulyantomo, A. I. Sulistyawati, and D. Triyani, “Pelatihan Pemasaran Online Dan Digital Branding Dimasa Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak,” Tematik, vol. 3, no. 2, pp. 199–210, 2021, [Online]. Available: https://156.67.218.228/index.php/tematik/article/view/4218%0Ahttps://156.67.218.228/index.php/tematik/article/download/4218/2318
[4] D. Arisandi and M. T. Abadi, “Peran Digital marketing dan Etika Bisnis Islam Dalam Melangitkan Bisnis,” … Penelit. Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 50–56, 2022, [Online]. Available: https://journal.actual-insight.com/index.php/investasi/article/view/1336
[5] M. R. Azhary, M. Agung, N. Prahaski, T. T. Ulin, and Suhairi, “Strategi dan Peran Komunikasi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Era Digital,” J. Ekon. Akunt. Dan Manaj., vol. 2, no. 4, pp. 356–364, 2023.
[6] & K. Hamid, H., “Pengaruh Gaya Kepemimpinan,Motivasi, Dan Disiplin Kinerja.,” Ilmu Dan Ris. Manajemen, 4(1), 58file///C/Users/ACER/Downloads/ID+699.+Template+ECONOMINA+Agustus+-+Putri.pdf–67. https//doi.org/https//doi.org/10.37541/ekonomika.v4i1.383, vol. 2, pp. 1970–1978, 2020, [Online]. Available: http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/94354
[7] P. Laili Susanti and E. Purwanto, “Efforts To Improve Branding Of MSME Banana Chips Products Based On Creative Economy Through Logos And Packaging,” J. Ris. Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 96–102, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.54066/jurma.v1i3.597
[8] A. Saehan, S. Suryadi, and T. H. Pohan, “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM,” J. Pengabdi. Masy. Gemilang, vol. 3, no. 2, pp. 44–48, 2023, doi: 10.58369/jpmg.v2i4.129.
[9] R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.
[10] C. Noventa, I. Soraya, and A. Muntazah, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini,” JKOMDIS J. Ilmu Komun. Dan Media Sos., vol. 3, no. 3, pp. 626–635, 2023, doi: 10.47233/jkomdis.v3i3.1124.
[11] T. Setiawan and F. H. A. Putro, “Pemanfaatan Gaphics Designer Software Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Promosi Produk Umkm Di Cepogo Boyolali,” J. Ekon. Sos. Hum., vol. 2, no. 12, pp. 53–56, 2021, [Online]. Available: https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/530
[12] M. Andivas, H. T. Trisnawati, A. F. Wijanarko, A. A. Ramadhani, and H. W. M. Sari, “Pelatihan Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Keripik Pisang Menggunakan Perangkat Lunak Canva,” Surya Abdimas, vol. 7, no. 3, pp. 450–457, 2023, doi: 10.37729/abdimas.v7i3.2962.
[13] U. Indriania, N. Syahputrib, and Z. Ardi, “Pelatihan Pembuatan Logo Kemasan Microsoft Word,” J. Pengabdi. Masy. Berkarya, vol. 01, no. 02, pp. 64–67, 2022.
[14] J. Iskandar, Y. K. Sari, and A. Fathurrohim, “Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 8, pp. 1417–1424, 2023, doi: 10.59837/jpmba.v1i8.373.
Published
2024-06-29
How to Cite
Maharani, D., & Andivas, M. (2024). Praktik Desain Logo dan Feeds Instagram Produk Olahan Mangrove Menggunakan Aplikasi Canva. LANDMARK : (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 2(2), 43-50. https://doi.org/10.32520/landmark.v2i2.3359