PELATIHAN MARKETPLACE BAGI PEMUDA DAN PEMUDI KECAMATAN PELANGIRAN DI ERA LITERASI DIGITAL
Abstract
Dalam era literasi digital yang berkembang pesat, penting bagi pemuda dan pemudi di Kecamatan Pelangiran untuk memahami dan memanfaatkan Marketplace sebagai alat untuk meningkatkan potensi ekonomi dan sosial mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman dasar tentang Marketplace kepada pemuda dan pemudi di Kecamatan Pelangiran serta mengukur dampaknya terhadap peningkatan kesadaran dan penerapan strategi pemasaran digital dalam skala kecil. Metodologi yang digunakan melibatkan serangkaian pelatihan, workshop, dan sesi tanya jawab interaktif. Peserta diberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep Marketplace, termasuk media sosial, optimasi mesin pencari, analisis data, dan strategi konten. Setelah pelatihan, peserta diarahkan untuk mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam bisnis atau inisiatif pemasaran mereka sendiri. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa setelah pelatihan, ada peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan pemuda dan pemudi dalam mengelola dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka. Banyak dari peserta yang berhasil meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau jasa mereka melalui penerapan teknik-teknik Marketplace yang telah dipelajari. Kesimpulannya, pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan literasi digital di antara pemuda dan pemudi Kecamatan Pelangiran. Melalui pendidikan dan pelatihan yang tepat, pemuda dan pemudi dapat memanfaatkan potensi Marketplace untuk mengembangkan usaha mereka, meningkatkan keterampilan kerja, dan berkontribusi pada perekonomian lokal.
References
Irawan, D., & Affan, M. W. (2021). Pelatihan Penggunaan Mobile Marketplace Pada Kelompok Tani Sayur Desa Torong Rejo Batu. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.22219/janayu.v2i2.16007
Muni, A., Sudeska, E., Crismondari, Jalil, M,. Rianto, B. (2023). Optimalisasi It Dalam Era Literisasi Digital. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 873–879.
Prasetyo, D. Y., Yunita, F., & Muni, A. (2021). 10.47521 Pemanfaatan Facebook Marketing Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Umkm Tembilahan. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 7(2), 103–111. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v7i2.204
Rahmawati, K. (2021). Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada Ukm Di Bantul. Dharma LPPM, 2(1), 79–85. https://doi.org/10.31315/dlppm.v2i1.4794
Rianto, B., Jalil, M., Muni, A., Sudeska, E., Studi, P., Informasi, S., Akuntansi, P. S., Tinggi, S., Pekanbaru, T., Studi, P., Sipil, T., Kompetesi, S., & Profesi, L. S. (2023). Pelatihan dan sosialisasi uji sertifikasi kompetensi teknis bnsp sebagai sarana peningkatan kompetensi keahlian 14. LANDMARK : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, 59–64.
Copyright (c) 2023 Bayu Rianto, Muhammad Jalil, Chrismondari, Yolnasdi, Endy Sudeska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.