PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN SISWA SMA AL-ISLAM SIDOARJO MELALUI PROGRAM BINAAN: DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN PANGAN BERBASIS TEPUNG-TEPUNGAN
Abstract
Pentingnya pendidikan bagi generasi muda Indonesia telah mendorong institusi pendidikan gencar meningkatkan mutu kurikulum. Kerja sama antar jenjang institusi pendidikan perlu dilakukan sehingga kualitas peserta didik semakin diperkaya. Fakultas Pertanian (FP) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya telah melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan SMA Al-Islam Sidoarjo melalui program binaan. Dalam hal ini FP Unitomo melaksanakan pendampingan edukasi terhadap 525 siswa SMA Al-Islam dengan menggunakan topik Diversifikasi Produk Olahan Pangan Berbasis Tepung-Tepungan. Pendampingan edukasi ini dilaksanakan melalui pemaparan materi, praktik pengolahan pangan, dan pameran produk hasil olahan tepung-tepungan yang dirancangkan. Adanya pelaksanaan rangkaian acara ini telah berhasil memperkaya minat dan pengetahuan peserta didik SMA Al-Islami sehingga inovasi dan jiwa kewirausahaan peserta didik terbentuk.
References
Amertaningtyas, Dedes, Salsabila Gusmaryani, Nadhira Noer Fasha, Herly Evanuarini, and Mulia Winirsya Apriliyani. 2021. “Egg Characteristics of Pelung Chickens in Four Different Areas in West Java, Indonesia: Technical Inputs for Conservation.” Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran 21, no. 2: 129. https://doi.org/10.24198/jit.v21i2.36965.
Ardiansyah, Dicky, Mohammad Insan Romadhan, Bagus Cahyo, Shah Adhi, and Ilmu Komunikasi. 2023. “Strategi Integrated Marketing Communication SMA Al-Islam Krian Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2023-2024.” SEMAKOM: Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi 1, no. 1: 223–28.
Asnawi, Arifatul Aini. 2023. “Substitusi Tepung Ubi Ungu Dalam Pembuatan Kue Soes Dengan Selai Buah Naga Sebagai Snack Bagi Penderita Diabetes Mellitus” 4, no. 3: 138–45.
Heikkilä, Maria, Mikko Lehtovirta, Ossi Autio, Mikael Fogelholm, and Raisa Valve. 2019. “The Impact of Nutrition Education Intervention with and without a Mobile Phone Application on Nutrition Knowledge among Young Endurance Athletes.” Nutrients 11, no. 9. https://doi.org/10.3390/nu11092249.
Hermanto, Bambang. 2020. “Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.” Foundasia 11, no. 2: 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933.
Madyowati, Sri Oetami, Kejora Handarini, Achmad Kusyairi, Nunuk Hariyani, Sumaryam Sumaryam, Didik Trisbiantoro, Nurul Hayati, and Didik Budiyanto. 2023. “Penyuluhan Olahan Pangan Lokal Dan Produk Berbasis Ikan Sebagai Upaya Pencegah Stunting.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 2: 296. https://doi.org/10.32529/tano.v6i2.2600.
Manasikana, Arina, and Candra Widhi Anggraeni. 2018. “Pendidikan Karakter Dan Mutu Pendidikan Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 102–10. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10206/Makalah 13 Arina Manasikana.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Nurmalisa, Yunisca. 2017. Pendidikan Generasi Muda. Yogyakarta: Media Akademi. http://repository.lppm.unila.ac.id/11009/1/APROVAL-PENDIDIKAN GENERASI MUDA.pdf.
Panjaitan, Riong Seulina, Sutriningsih Sutriningsih, Purwati Purwati, and Zuraida Sagala. 2021. “Edukasi Kandungan Karbohidrat Dan Metode Uji Identifikasinya Pada Buah-Buahan Di SDN 09 Sunter Agung, Jakarta Utara.” Berdikari 4, no. 1: 1–9. https://doi.org/10.52447/berdikari.v4i1.4958.
Panoyo, Panoyo, Yatim Riyanto, and Warih Handayaningrum. 2019. “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 2: 111–17. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i2.2714.
Philia, John, Widayat, Hadiyanto, Meiny Suzery, and Irawan Arief Budianto. 2020. “Diversifikasi Tepung Mocaf Menjadi Produk Mie Sehat Di PT. Tepung Mocaf Solusindo.” Indonesia Journal of Halal 2, no. 2: 40–45.
Rusliyawati, Rusliyawati, Agus Wantoro, Erliyan Redy Susanto, Muhamad Fitratullah, Tien Yulianti, and Ari Sulistyawati. 2022. “Program Sekolah Binaan: Pelatihan, Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Public Speaking Dalam Kepemimpinan Pengurus Osis Dan Pramuka.” Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 3, no. 2: 280. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2184.
Salsabila, Khonsa, Muhammad Ansori, and Dan Octavianti Paramita. 2019. “Eksperimen Pembuatan Cupcake Free Gluten Berbahan Dasar Tepung Biji Kluwih Dengan Campuran Tepung Beras.” TEKNOBUGA : Jurnal Teknologi Busana Dan Boga 7, no. 1: 31–38.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1: 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Wardoyo, Dewie Tri Wijayati, Achmad Kautsar, and Hujjatullah Fazlurrahman. 2020. “Strategi Pengembangan Penulisan Karya Ilmiah Pada Guru Di Kabupaten Sidoarjo.” Abimanyu: Journal of Community Engagement 1, no. 1: 16–23. https://doi.org/10.26740/abi.v1i1.6534.
Winarno, F. G. 2004. Kimia Pangan Dan Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yuniati, Yuyun, and Lilis Lestari Wilujeng. 2023. “Analysis of Students’ Perceptions on the Freedom of Learning - Independent Campus (MBKM) Program at Chemistry Study Program of Ma Chung University.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 27, no. 1: 63–75. https://doi.org/10.21831/pep.v27i1.52961.
Copyright (c) 2023 KEJORA HANDARINI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.