KURIKULUM MANDIRI AUDIOVISUAL UNTUK ANAK PENYANDANG DISABILITAS INTELEKTUAL DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SLBN 033 TEMBILAHAN

  • Diljona Marisa Putri Universitas Islam Indragiri
Keywords: Anak Tuna Grahita, Motivasi Belajar, Media Pembelajaran Audio Visual, Sekolah Luar Biasa

Abstract

Anak-anak tuna grahita sering menghadapi masalah saat belajar, seperti kesulitan mengingat pelajaran dan mudah bosan. Dengan menyajikan materi secara lebih menarik dan mudah diingat, media pembelajaran audio-visual diharapkan dapat memberikan solusi untuk masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan seberapa efektif penggunaan media pembelajaran audio-visual dalam mengajarkan mata pelajaran agama kepada anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 033 Tembilahan. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual digunakan untuk pembelajaran agama dapat lebih meningkatkan motivasi dan perhatian siswa serta membuatnya lebih mudah untuk mengingat dan memahami materi. Metode ini dapat mengatasi masalah utama yang dihadapi oleh guru, seperti kesulitan anak dalam mengingat pelajaran dan kecenderungan lebih cepat bosan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar media pembelajaran audio visual dapat selalu diterapkan dan dikembangkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 033 Tembilahan.

Published
2025-01-14