MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN FOODPRENEURSHIP BAGI ANAK TUNARUNGU MENGGUNAKAN METODE PECS DI SMALB 033 TEMBILAHAN

  • Hasnaini Universitas Islam indragiri
Keywords: Media pembelajaran, Anak tunarungu, Foodpreneurship.

Abstract

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa tunarungu di SMALB 033 Tembilahan kurang memahami prosedur pembuatan nasi goreng. Untuk menyelesaikan masalah ini, pendekatan Picture Exchange Communication System (PECS) adalah pendekatan yang paling efektif karena menggunakan gambar sebagai alat untuk mengungkapkan pikiran, kebutuhan, dan keinginan mereka. Peneliti melakukan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir dari observasi foodpreneurship ini adalah video tentang memasak nasi goreng kampung dan peneliti sebagai pembimbing yang mempelajari semua aspek pembuatan video. Rekomendasi peneliti untuk SMALB 033 Tembilahan adalah menyediakan peralatan dapur yang disesuaikan untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti pisau yang lebih aman atau peralatan yang lebih mudah dipegang dan digunakan

Published
2025-01-14