EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA LAZADA MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR
Abstract
Dalam memastikan pengalaman dan kepuasan pengguna aplikasi Lazada di Kabupaten Indragiri Hilir, diperlukan evaluasi atas aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna Lazada di Kabupaten Indragiri Hilir menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Untuk mengetahui bagaimana pengguna dalam menggunakan Lazada dan apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Tahapan penelitian meliputi studi literatur, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Penelitian ini menyebarkan kuesioner yang akan diisi kepada 40 responden, kemudian data diolah dengan usability testing dengan menggunakan metode System Usability Scale. Hasil evaluasi pada penelitian ini yaitu hasil penilaian dari responden diperoleh total skor nilai SUS sebesar 2527,5 dengan nilai rata-rata yang dihasilkan adalah 63,187, dapat disimpulkan bahwa dari sisi Acceptability , Grade scale dan Adjective rating diperoleh hasil bahwa tingkat Acceptabilty range pengguna terhadap aplikasi Lazada berada pada grade Marginal High, tingkat Grade scale berada pada kategori D, dan tingkat Adjective rating berada pada kategori OK maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi Lazada masih perlu untuk dievaluasi dan dikembangkan kembali agar dapat memberikan pengalamanan yang lebih kepada penggunaannya