AUDIO VISUAL LEARNING OF SELF-HELP FOR MILD IMPAIRMENT USING THE DEMONSTRATION METHOD AT SDLBN 033 TEMBILAHAN

  • Dwi Yuli Prasetyo
  • Fitri Yunita
  • Sisca Amalia Putri 085216795150
  • Elimar

Abstract

 

ABSTRAK

Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat pemahaman siswa tunagrahita ringan dalam bina diri. Peneliti memberikan solusi dengan menerapkan metode demonstrasi yaitu cara belajar di mana sesuatu diperagakan atau dipertunjukkan di hadapan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa serta membangkitkan minat siswa agar pembelajaran bina diri lebih menarik dan mudah dipahami, melalui media pembelajaran audio visual untuk siswa SD tuna grahita ringan di Sekolah Luar Biasa Negri (SLBN). Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah video pembelajaran audio visual pengenalan alat-alat makan dan cara menggunakannya untuk siswa SDLBN tunagrahita ringan dengan menggunakan metode Demonstrasi yaitu mempraktikkan langsung cara menggunakan alat-alat makan. Video ini dirancang untuk membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman dalam bina diri. Setiap detail mulai dari konsep awal hingga hasil akhir video ditangani secara menyeluruh oleh peneliti. Dengan adanya pembelajaran audio visual ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan kemampuan siswa memimbulkan minat untuk mengeksplor hal-hal baru yang diperlihatkan dalam aktivitas sehari-hari.

 

Published
2024-06-28