PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS WEB

  • Afriansyah Universitas Lancang Kuning
  • Yogo Turnandes Universitas Lancang Kuning
  • Yogi Ersan Fadrial Universitas Lancang Kuning
  • Sutejo Universitas Lancang Kuning
  • Zulrahmadi Universitas Islam Indragiri
Keywords: Metode PIECES, Sistem informasi, Pengaduan

Abstract

Puskesmas BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) Payung Sekaki adalah salah satu PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang ada di Kota Pekanbaru. Dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Payung Sekaki, ada kebutuhan untuk mengajukan pengaduan keluhan pelayanan yang telah mereka terima. Sistem informasi pengaduan di Puskesmas Payung Sekaki masih manual (belum terkomputerisasi) dalam menginput data pengaduan pasien. Dengan adanya sistem informasi pengaduan keluhan berbasis web ini dapat membantu pihak pasien melakukan pengaduan keluhan pelayanan kesehatan di Puskesmas Payung Sekaki kapan pun dan dimana pun. Perancangan sistem informasi pengaduan keluhan pelayanan kesehatan ini menggunakan UML (Unified Modeling Languange) meliputi use case diagram, class diagram, activity diagram, dan squence diagram. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi pengaduan ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dan analisis data dalam menarik kesimpulan pada data yang diperoleh dari lapangan menggunakan Metode PIECES (Perfomance, Information, Economy, Control, Eficiency, Dan Service). Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi berbasis web diharapkan dapat membantu pasien dalam menyampaikan pengaduan keluhan pelayanan kesehatan yang sudah diterima dan memberikan kemudahan bagi Puskesmas dalam mengelola data pengaduan pasien.

Published
2023-07-03