PENGURANGAN BULLWHIP EFFECT PADA SISTEM RANTAI PASOKMENGGUNAKANPERAMALANDERETBERKALA

  • Syaeful Arief Program Studi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl.Marsda AdisuciptoYogyakarta
Keywords: SupplyChain Management(SCM), Bullwhip Effect, Peramalan DeretBerkala

Abstract

Tuntutan konsumen terhadap kualitas produk, harga, ketepatan pengiriman dan ketersediaan produk semakin meningkat. Hal tersebut dapat dicapai dengan Supply Chain Management (SCM). Namun variabilitas permintaankonsumen yang fluktuatif dan unpredictable menjadipermasalahanutama yang tidakterhindarkan, sehinggaberakibatterjadinyaamplifikasiproduksidenganpenjualan yang disebut bullwhip effect. Maka diperlukanpenelitianuntukmengidentifikasibullwhip effectdenganmenghitungamplifikasiproduksidan penjualan.

Data yang digunakandalampenelitianiniadalahdataproduksidan penjualan PT XYZ tahun 2017-2020.Bullwhip effect dihitungdenganmembandingkankoefisienvariansiproduksidengankoefisienvariansipenjualan.Solusiyangdigunakanuntukmereduksibullwhipeffectadalahdenganmeramalkanpermintaanmenggunakanmetodetimeseries.Metode yang digunakanadalahdoublemovingaverage,doubleexponentialsmoothing, menggunakan software Excel. Darihasilperhitungan,padaperiode2017-2018besarnyanilaibullwhip effect adalah 0,77; periodetahun 2018-2019 sebesar 1,71; dan periodetahun 2019-2020 sebesar 1,10. Bullwhip effect terjadi pada periode 2018-2019 dan 2019-2020. Dari beberapametode yangdigunakan, metode double eksponential smoothing dengannilai α = 0.9 merupakanmetode yang terbaikuntukkasusinimenggunakametodeperamalanini, juga memberikannilai optimal bullwhip effect yaitu 0,89 yangnilainyamendekatisatu.

Published
2021-08-22
Abstract viewed = 24 times
pdf downloaded = 12 times