KOMPARASI PENGGUNAAN PUSH NOTIFICATION DENGAN TELESALES UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS KAMPANYE UPSELLING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi penerapan Push Notification (PN) dan telesales sebagai media komunikasi dalam kampanye upselling perusahaan edutech yang menyediakan paket belajar berlangganan. Analisis dilakukan berdasarkan data pengguna premium PT XYZ, dimana 73,1% pengguna memilih paket belajar kategori rendah karena keraguan ketika membeli paket dengan harga yang tinggi. Dampak dari banyaknya pengguna paket rendah adalah rendahnya pendapatan yang diperoleh perusahaan, sehingga membutuhkan intervensi untuk meningkatkan pendapatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa telesales secara signifikan lebih efektif daripada aplikasi PN + Inbox dalam kampanye upselling, dengan tingkat konversi sebesar 0,93% untuk telesales, 0,13% untuk aplikasi PN + Inbox, dan 0% untuk kelompok kontrol. Segmentasi pasar yang efektif dalam kampanye ini melibatkan berbagai kategori paket, dengan tingkat konversi yang berbeda antara telesales dan aplikasi PN + Inbox. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk mengirimkan aplikasi PN + Inbox yang diikuti dengan pendekatan telesales kepada pengguna yang tidak melakukan pembelian setelah menerima aplikasi PN + Inbox, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye upselling PT XYZ. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi keilmuan yang penting dalam memahami strategi implementasi upselling dalam konteks perusahaan edutech, dengan fokus pada penggunaan PN dan telesales sebagai media komunikasi..
Downloads
References
[2] T. Norvell, P. Kumar, and S. Contractor, “Assessing the Customer-Based Impact of Up-Selling Versus Down-Selling,” Cornell Hosp. Q., vol. 59, no. 3, pp. 215–227, 2018, doi: 10.1177/1938965518762836.
[3] C. Ebster, U. Wagner, and S. Valis, “The effectiveness of verbal prompts on sales,” J. Retail. Consum. Serv., vol. 13, no. 3, pp. 169–176, 2006, doi: 10.1016/j.jretconser.2005.08.003.
[4] I. W. A. Ardiana, I. G. A. M. K. K. Sari, and N. N. S. Astuti, “Motivation Guest Service Agent in Conducting Up Selling in Front Office Department To Increase Revenue At Hilton Garden Inn Bali,” J. Appl. Sci. Travel Hosp., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.31940/jasth.v3i1.1770.
[5] J. Ni, Q. Shen, and T. Zhu, “Upselling versus Upsetting Customers ? A Model of Intrinsic and Extrinsic Incentives,” Work. Pap., no. June, pp. 1–28, 2015.
[6] C. Vercellis, Business Intelligence: Data Mining and Optimization for Decision Making. 2009. doi: 10.1002/9780470753866.
[7] H. H. Bauer, M. Hammerschmidt, and M. Braehler, “THE CUSTOMER LIFETIME VALUE CONCEPT AND ITS CONTRIBUTION TO CORPORATE VALUATION,” Yearb. Mark. Consum. Res., vol. 48, no. 4, pp. 324–344, 2003.
[8] R. Bhagwanani, “Customer loyalty,” Airl. Bus., vol. 29, no. 1, p. 31, 2013, doi: 10.3139/9783446467620.013.
[9] H. Saleem, M. Khawaja, S. Uddin, S. Habib-Ur-Rehman, S. Saleem, and A. M. Aslam, “Strategic Data Driven Approach to Improve Conversion Rates and Sales Performance of E-Commerce Websites,” Int. J. Sci. Eng. Res., vol. 10, no. 4, pp. 588–593, 2019.
[10] N. Bidargaddi, T. Pituch, H. Maaieh, C. Short, and V. Strecher, “Predicting which type of push notification content motivates users to engage in a self-monitoring app,” Prev. Med. Reports, vol. 11, no. June, pp. 267–273, 2018, doi: 10.1016/j.pmedr.2018.07.004.
[11] I. Ardiansah, E. Anugrah, I. Setiawan, and Z. Zaida, “IMPLEMENTASI PERANGKAT OTOMASI PADA BROODER LISTRIK AYAM SENTUL DENGAN INFORMASI BERBASIS PUSH NOTIFICATIONS,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 5, no. 2, pp. 183–193, Sep. 2023, doi: 10.29303/jtika.v5i2.259.
[12] Shukairy, “Hate Them or Love Them: Mobile App Push Notifications Impact—Statistics and Trends,” Invesp.
[13] T. Okoshi, H. Nozaki, J. Nakazawa, H. Tokuda, J. Ramos, and A. K. Dey, “Towards attention-aware adaptive notification on smart phones,” Pervasive Mob. Comput., vol. 26, pp. 17–34, 2016, doi: 10.1016/j.pmcj.2015.10.004.
[14] P. Kotler and K. L. Keller, A Framework for Marketing Management, Sixth edit., vol. 4, no. 1. Harlow: Pearson, 2016.
[15] C. A. Lock and E. F. S. Kaner, “Use of marketing to disseminate brief alcohol intervention to general practitioners: Promoting health care interventions to health promoters,” J. Eval. Clin. Pract., vol. 6, no. 4, pp. 345–357, 2000, doi: 10.1046/j.1365-2753.2000.00268.x.
[16] C. Yan, M. Li, and W. Liu, “Prediction of bank telephone marketing results based on improved whale algorithms optimizing S_Kohonen network,” Appl. Soft Comput. J., vol. 92, p. 106259, 2020, doi: 10.1016/j.asoc.2020.106259.
[17] R. Mei, Y. Xu, and G. Wang, “Telephone Marketing Forecast of Bank Time Deposits Based on the LASSO-SVM Model,” Stat. Appl., vol. 05, no. 03, pp. 289–298, 2016, doi: 10.12677/sa.2016.53029.
[18] H. Ritsema and B. Piëst, “Telemarketing: THe case for (self) regulation,” Eur. Manag. J., vol. 8, no. 1, pp. 63–66, 1990, doi: 10.1016/0263-2373(90)90055-b.
[19] T. Baek and M. Morimoto, “Stay away from me,” J. Advert., vol. 41, no. 1, pp. 59–76, 2012, doi: 10.2753/JOA0091-3367410105.
[20] S. Moro, P. Cortez, and P. Rita, “A divide-and-conquer strategy using feature relevance and expert knowledge for enhancing a data mining approach to bank telemarketing,” Expert Syst., vol. 35, no. 3, pp. 1–13, 2018, doi: 10.1111/exsy.12253.
[21] I. Ardiansah, R. P. Simanjuntak, W. K. Sugandi, and I. Setiawan, “Automatic Temperature Management in Brooder and Its Effects on Chicken Growth and Body Weight,” J. PERANGKAT LUNAK, vol. 6, no. 2, pp. 198–206, Jun. 2024, doi: 10.32520/jupel.v6i2.3211.
Copyright (c) 2024 Irfan Ardiansah, Efri Mardawati, Selly Harnesa Putri, Devi Maulida Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.