Analisis Usabilty Aplikasi Google Classroom Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS)

  • Eri Rustamaji UIN Jakarta
  • Dzihan Aufa Kilmi Firdausi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Google Classroom, Usability, System Usability Scale, University

Abstract

Tren teknologi saat ini mulai bergerak menuju perubahan digital dalam pertukaran data, proses yang di otomatisasi dan lain sebagainya. Salah satu perkembangannya adalah kemampuan melakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi kelas online. Universitas juga memanfaatkan teknologi ini dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam metode System Usability Scale (SUS) dapat dipakai dalam mengukur tingkat usability dan menganalisis tingkat usability aplikasi Google Classroom. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif SUS sebagai metode penelitian dengan menggunakan kuesioner yang dibuat dengan Google Forms dan dibagikan kepada 78 mahasiswa dan dosen di universitas secara acak. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Google Classroom mendapat score SUS 73,141. Ini menunjukkan bahwa aplikasi Google Classroom termasuk Acceptable dalam Acceptability Ranges, dan memiliki Grade Scale B dan termasuk Good dalam Adjective Ratings.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-19
How to Cite
Eri Rustamaji, & Dzihan Aufa Kilmi Firdausi. (2024). Analisis Usabilty Aplikasi Google Classroom Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS). JURNAL PERANGKAT LUNAK, 6(2), 252-263. https://doi.org/10.32520/jupel.v6i2.3291