EVALUASI USABILITY LAYANAN VIDEO KONFERENSI BERBASIS ONLINE MENGGUNAKAN QUESTIONNAIRE NIELSEN’S ATTRIBUTES OF USABILITY (STUDI KASUS: MAHASISWA AIESEC IN UIN JAKARTA UNTUK KEGIATAN VOLUNTEERING HIBRIDA TAHUN 2023-2025)

  • Hilma Yasmin Azmina UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Elvi Fetrina UIN Jakarta

Abstract

Layanan video konferensi online merupakan aplikasi berbasis komputasi awan yang digunakan sebagai alternatif untuk mengadakan pertemuan secara daring, baik itu untuk kegiatan bekerja maupun belajar-mengajar, termasuk untuk kegiatan volunteering. Evaluasi usability yang dilakukan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian mahasiswa anggota organisasi internasional AIESEC in UIN Jakarta yang berfokus pada bidang volunteering hibrida terhadap salah satu aplikasi konferensi untuk mengevaluasi kondisi aplikasi saat ini. Evaluasi dilakukan menggunakan metode Questionnaire Nielsen’s Attribute of Usability (NAU) terhadap aspek learnability, memorability, efficiency, error, dan satisfaction. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, aplikasi sudah dapat dikatakan mudah digunakan dengan nilai rata-rata akhir sebesar 4,18 dari 5. Melalui penelitian ini, diharapkan aplikasi konferensi dapat terus mempertahankan performanya dan memperbaiki cara pengendalian galat pada aplikasi mengingat aspek error dengan indikator easy to fix mendapatkan nilai terendah dibandingkan dengan aspek lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-19
How to Cite
Azmina, H. Y., & Fetrina, E. (2024). EVALUASI USABILITY LAYANAN VIDEO KONFERENSI BERBASIS ONLINE MENGGUNAKAN QUESTIONNAIRE NIELSEN’S ATTRIBUTES OF USABILITY (STUDI KASUS: MAHASISWA AIESEC IN UIN JAKARTA UNTUK KEGIATAN VOLUNTEERING HIBRIDA TAHUN 2023-2025). JURNAL PERANGKAT LUNAK, 6(2), 228-236. https://doi.org/10.32520/jupel.v6i2.3282