SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN PERILAKU MENGGUNAKAN METODE BEHAVIOUR ANCHOR RATING SCALE
Abstract
Penilaian kinerja karyawan sangat penting dalam proses pengelolaan sumber daya manusia. Proses penilaian dilakukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang di ambil akan lebih baik apabila melalui penialian secara objektif. Metode Behaviour Anchor Rating Scale (BARS) adalah salah satu metode pengambilan keputusan untuk menentukan perankingan alternatif terbaik secara objektif. Salah satu penilaian kinerja karyawan pada perguruan tinggi XYZ yaitu kinerja perilaku yang terdiri dari 10 kriteria penilaian yaitu kedisiplinan, komitmen, penampilan, etika kesopanan, kejujuran, loyalitas, orientasi pelayanan, integritas, kerjasama dan kepemimpinan. Penilaian melalui 3 proses yaitu diri sendiri, atasan langsung dan direktorat kepegawaian. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode BARS dalam membantu pengambil keputusan karyawan terbaik secara obyektif. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan 10 kritria penialian dan 10 alternatif karyawan pada perguruan tinggi XYZ diperoleh hasil penilaian yang dilakukan oleh masing-masing pihak yaitu Penilaian Diri sendiri dengan hasil VA2, VA3, VA6, VA7, VA8 dan VA10. Penialain atasan langsung yaitu VA2 dan VA3. Penilaian oleh direktorat kepegawaian memperoleh hasil perengkingan tertinggi yaitu VA2 dan VA6. Hasil akhir dari proses perhitungan kinerja perilaku dengan metode BARS menghasilkan keputusan karyawan terbaik VA2 dengan nilai 392,94.
Downloads
References
[2] H. Sjahruddin, P. Hidayat, I. Moridu, I. N. T. Sutaguna, dan Suratman, “Determination of the Best Employee Using The Behavioral Anchor Rating Scale,” J. Mantik, vol. 6, no. 3, hal. 2685–4236, 2022.
[3] I. G. I. Sudipa, I. M. Putra Asana, I. Wiguna, dan I. N. T. A. Putra, Implementation of ELECTRE II Algorithm to Analyze Student Constraint Factors in Completing Thesis. 2021.
[4] E. Rouza dan B. Yanto, “Penerapan Bars (Behaviorally Anchor Rating Scale) Berbasis Web Dalam Penilaian Kinerja Karyawan,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 115–129, 2020, doi: 10.31849/zn.v1i2.3690.
[5] S. N. Evita, W. O. Z. Muizu, dan Raden Tri Wayu Atmojo, “Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International),” Pekbis J., vol. 9, no. 1, hal. 18–32, 2019.
[6] S. F. N. & R. S. Tarigan, “Penilaian Kinerja Pegawai Honor Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS) Di Puskesmas Hulonthalangi Kota Gorontalo,” J. Kesehat. komunitas Indones., vol. 20, no. 1, hal. 55–62, 2024.
[7] I. Rustiawan, S. Purwati, S. Sutrisno, K. Kraugusteeliana, dan A. A. Bakri, “Teknik Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Behaviour Anchor Rating Scale dalam Pemeringkatan Karyawan Terbaik,” J. Krisnadana, vol. 2, no. 3, hal. 403–411, 2023, doi: 10.58982/krisnadana.v2i3.316.
[8] M. Jannah dan N. Mufidah, “Manajemen Rekrutmen Dan Seleksi Guru Bahasa Arab Di Pondok Tahfizh Putri Darul Mubarak Curup (Dmc),” Manaj. Dewantara, vol. 7, no. 1, hal. 51–59, 2022, doi: 10.26460/md.v7i1.13742.
[9] Darmadi, “Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif,” Equator J. Manag. Entrep., vol. 10, no. 2, hal. 085–092, 2022, doi: 10.56445/jme.v2i1.52.
[10] K. M. Arif, “Strategi Membangun Sdm Yang Kompetitif, Berkarakter Dan Unggul Menghadapi Era Disrupsi,” Tahdzib Al-Akhlaq J. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, hal. 1–11, 2021, doi: 10.34005/tahdzib.v4i1.1300.
[11] S. Septiana, R. N. Wicaksono, A. W. Saputri, N. A. Fawwazillah, dan M. I. Anshori, “Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Masa Yang Mendatang,” Student Res. J., vol. 1, no. 5, hal. 447–465, 2023.
[12] Dian Safitri Duruka, Natalis Ransi, dan La Surimi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process,” AnoaTIK J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 1, no. 1, 2023, doi: 10.33772/anoatik.v1i1.3.
[13] I. M. D. P. Asana, I. G. I. Sudipa, dan I. M. A. Wijaya, “Decision Support System For Employee Assessment At PT. Kupu-Kupu Taman Lestari Using AHP And BARS Methods,” J. Mantik, vol. 4, no. May, hal. 97–106, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index.
[14] Y. Clara, A. Hia, F. Hunusalela, dan S. Sinambela, “Penerapan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale (Bars) Berbasis Web Dan Management By Objective (MBO) Pada Penilaian Kinerja Karyawan Bagian Produksi CV. Bentala Java Industri,” J. Tek. dan Komput., vol. 08, no. 01, hal. 1–6, 2024, doi: 10.22441/jitkom.v8i1.001.
Copyright (c) 2024 Marfuah Marfuah, Ummul Fitri Afifah, Steffi Adam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.