ANALISIS KOMPREHENSIF APLIKASI TRANSPORTASI GOJEK PENDEKATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DARI PERSPEKTIF PENGGUNA

  • Suci Ratnawati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rizqi Mustafa Maulana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Transportasi Online, Aplikasi Gojek, ystematic Literature Review, Kualitas Layanan

Abstract

Perkembangan era saat ini memiliki dampak yang luas terhadap berbagai sektor, terutama di industri transportasi. Di era digital, muncul berbagai inovasi, termasuk layanan transportasi online, yang secara signifikan mengubah lanskap industri transportasi. Diperlukan tinjauan ulang terhadap paper jurnal yang membahas efektivitas transportasi online, khususnya dalam konteks aplikasi Gojek yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Gojek, sebagai perusahaan decacorn dari Indonesia, telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Dengan semakin banyaknya pengguna aplikasi Gojek, perusahaan harus terus menjaga dan meningkatkan mutu layanannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap paper jurnal yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2023. Terdapat tiga Research Question (RQ) dalam penelitian ini. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi Gojek memiliki beberapa fitur yang memudahkan masyarakat dalam penggunaannya. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dari penelitian sebelumnya, dengan partisipasi hingga 200 responden. Terdapat enam faktor yang membuat masyarakat memilih transportasi online Gojek, di mana kualitas layanan dan jasa yang diberikan oleh Gojek dinilai sangat baik oleh responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiarti, A. T., Wahyudi, F., & Ratnasari, N. (2022). Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Menggunakan UX Honeycomb. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (JUSIFOR), 1(2), 104–111. https://doi.org/10.33379/jusifor.v1i2.1634
Diah Indarwati, K., & Februariyanti, H. (n.d.). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN APLIKASI GO-JEK MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER.
Hadisaputro, E. L., Wandi, E., & Hermawansyah, A. (2019). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI GOJEK RODA DUA DENGAN KERANGKA KERJA PIECES. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknik Informatika SENSITIf , 16.
Hernawan, E., & Andy. (2019). Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Gojek Dan Grab Online Di Jakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(1).
Iskantika, Y., & Nuryuliani. (2022). Analisis Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Servqual. Seminar Nasional UNIBA Surakarta, 1–12.
Isnaini, P. A. (2019). PENGARUH KUALITAS INFORMASI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP SIKAP DALAM PENGGUNAAN SISTEM APLIKASI DENGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA JASA TRANSPORTASI ONLINE (GOJEK) DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online Gojek di Yogyakarta). Jurnal Kajian Bisnis, 27(2), 133–199.
Jurnal, H., Adib, K., Putra, S., & Nuràini, S. (2022). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI INFORMASI EFEKTIVITAS APLIKASI TRANSPORTASI GOJEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. 2(3).
Mahaputra, M. R. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Penyedia Jasa Transportasi Online di Kota Tangerang Selatan (Studi Kasus: PT. Gojek indonesia). 1(1). https://doi.org/10.38035/jstl.v1i1
Maharani, T., & Ardiprawiro. (2020). ANALISIS KEPERCAYAAN MERK APLIKASI GOJEK DARI PERSPEKTIF MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE MTAM. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 25(3), 175–186. https://doi.org/10.35760/ik.2020.v25i3.2731
Maulida, A., Rahmatulloh, A., Ahussalim, I., Alvian Jaya Mulia, R., & Rosyani, P. (2023). Analisis Metode Forward Chaining pada Sistem Pakar: Systematic Literature Review (Vol. 1). https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin
Muttaqin, M. N., & Kharisudin, I. (2021). Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Support Vector Machine dan K Nearest Neighbor. UNNES Journal of Mathematics, 10(2), 22–27. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Nugroho, M. B. (2023). ANALISA PENGUKURAN KUALITAS APLIKASI GOJEK DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Melek IT Information Technology Journal, 9(1), 45–52.
Paramadita, S., Umar, A., & Kurniawan, Y. J. (2020). ANALISA PESTEL TERHADAP PENETRASI GOJEK DI INDONESIA PESTEL Analysis Towards GOJEK’s Penetration in Indonesia. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(1). https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian
Razak, W. A., & Utomo, A. P. (2022). Analisa Kualitas Informasi, Kualitas Teknikal & Fungsional, Kualitas Keamanan, Kemudahan Penggunaan Mobile Aplikasi Gojek Terhadap Kegunaan, Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS, 15(1), 39–54.
Rizaldi, D. F., Abdillah, J., Naufal, M., Yaqin, M. A., & Fauzan, Abd. C. (2022). Survei Pengukuran Fleksibilitas Software Menggunakan Metode Systematic Literature Review. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 4(1), 53–66. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v4i1.253
Rohman, R. A., Singasatia, D., & Irmayanti, D. (2022). ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN FITUR GOFOOD PADA APLIKASI GOJEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) (Studi Kasus : Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana Purwakarta). Smart AI Journal, 1(4), 219–235. https://ejournal.abivasi.id/index.php/SmartAI
Silondae, S., Pascasarjana, M., Azis, H. A., Universitas, M., Oleo, H., Kendari, E., Universitas, H., & Oleo, K.-. (2016). KETERKAITAN JALUR TRANSPORTASI DAN INTERAKSI EKONOMI KABUPATEN KONAWE UTARA DENGAN KABUPATEN/KOTA SEKITARNYA. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, 1(1).
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (n.d.). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. In Indonesian Journal of Information Systems (IJIS (Vol. 1, Issue 2). https://www.google.com
Yoga Pratama, G., & Suradi, A. (2016). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DARI TINDAKAN PENYALAHGUNAAN PIHAK PENYEDIA JASA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. In DIPONEGORO LAW JOURNAL (Vol. 5, Issue 3).
Published
2024-02-24
How to Cite
Ratnawati, S., & Rizqi Mustafa Maulana. (2024). ANALISIS KOMPREHENSIF APLIKASI TRANSPORTASI GOJEK PENDEKATAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW DARI PERSPEKTIF PENGGUNA. JURNAL PERANGKAT LUNAK, 6(1), 33-42. https://doi.org/10.32520/jupel.v6i1.2856