Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA)

  • M. Firdaus Firdaus Mahasiswa UIN Suska Riau
  • Muhammad Nur

Abstract

Kepuasan pelanggan ialah perasaan senang apabila terpenuhi harapan atau kecewa apabila tidak terpenuhi oleh seorang konsumen atau pelanggan terhadap produk atau jasa yang ia terima dari produsen atau penyedia jasa. Untuk mengetahui kriteria kepuasan pelanggan pada Pelabuhan Kempang Sepakat maka diperlukan adanya perhitungan tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kriteria tingkat kepuasan pelanggan dan pengklasifikasian atribut-atribut dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan adalah metode customer satisfaction index (csi) dan importance performance analysis (ipa). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan 19 atribut kepada 100 responden. Tahapan pengolahan data meliputi karakteristik responden, uji statistik validitas dan reliabilitas, perhitungan tingkat kesesuain, perhitungan CSI, dan analisis IPA. Indeks kriteria kepuasan pelanggan pada Pelabuhan Kempang Sepakat Pak Usman berada pada angka sebesar 74,46% yang menandakan bahwa Pelabuhan Kempang Sepakat Pak Usman termasuk kedalam nilai index puas. Hasil analisis IPA diketahui bahwa terdapat 3 atribut yang menjadi prioritas utama yang harus ditingkatkan yaitu kondisi tempat duduk dan tunggu pelabuhan kempang kurang nyaman dan aman, perlengkapan keamanan pelabuhan yang cukup memadai dan tidak adanya perlindungan asuransi yang diberikan pihak pelabuhan kepada penumpang dan karyawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Darmawan et al., “eISSN 2807-7237 Rico Ilham Sutrisno, Didit Darmawan,” vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022.
Sambodo Rio Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.
H. Kartika, M. Hertian Ranova, and C. Setia Bakti, “Survei Kepuasan Pelanggan Untuk Peningkatan Kualitas Jasa Perawatan Mesin ATM Dengan Metode CSI dan IPA,” Ind. Inov. J. Tek. Ind., vol. 12, no. 2, pp. 117–126, 2022, doi: 10.36040/industri.v12i2.4096.
F. P. Sihotang and R. Oktarina, “Penggunaan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) dalam Menganalisis Pengaruh Sistem E-Service Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.35957/jtsi.v3i1.2439.
S. Nor Afandi, A. Suharto, and J. Rahayu, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Csi Dan Ipa,” J. Syntax Fusion, vol. 1, no. 07, pp. 204–215, 2021, doi: 10.54543/fusion.v1i07.29.
S. Alfarisyi and D. Andesta, “Analisis Perbaikan Servqual Menggunakan Metode IPA dan CSI di J&T Express Gresik,” SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 19, no. 2, pp. 186–194, 2022.
C. Teddy and N. Devy, “Analysis of Service Quality And Customer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Perfomance Analysis (IPA) Method in ‘Jakarta’ Optical Pekanbaru,” Procur. J. Ilm. Manaj., vol. 7, no. 2, pp. 125–139, 2019.
Suherman et al., “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bumdes Apotek Laksana Barokah Di Desa Jatilaksana,” … J. Manaj. Jasa, vol. 3, no. 2, pp. 64–69, 2021, [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/636
Published
2023-10-29
How to Cite
Firdaus, M. F., & Nur, M. (2023). Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) . JURNAL PERANGKAT LUNAK, 5(3), 295-301. https://doi.org/10.32520/jupel.v5i3.2721