SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB PERSEBARAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA TEMBILAHAN

  • Dimar Tarmizi Student
  • Muh. Rasyid Ridha Universitas Islam Indragiri
Keywords: Health Facility, WebGIS, UML, PHP, Leaflet

Abstract

Kota Tembilahan merupakan pusat dari Kabupaten Indragiri Hilir yang terletak di Provinsi Riau, Indonesia. Di kota, fasilitas pelayanan kesehatan mempunyai peranan penting dalam penyelenggaraan upaya pelayanan kesehatan perorangan, baik preventif, promotif, kuratif, maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Salah satu unsur utama Manajemen Kesehatan adalah informasi kesehatan berupa hasil pengumpulan dan pengolahan data yang merupakan masukan bagi pengambil keputusan di bidang kesehatan. Penelitian ini berupa aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web persebaran fasilitas pelayanan kesehatan berbasis web dengan wilayah penelitian di Kota Tembilahan. Penyampaian dan tampilan sistem informasi geografis dapat lebih informatif serta mempresentasikan kondisi sebenarnya. Sistem dikembangakan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter. Tampilan sistem menggunakan framework Bootstrap dan template SB Admin 2. Peta yang digunakan pada aplikasi adalah peta digital yang disediakan oleh OpenStreetMap dan ESRI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] S. R. Puspitasari, M. Awaluddin, dan H. S. Firdaus, “Pembuatan Aplikasi Webgis Untuk Informasi Persebaran Sarana Dan Fasilitas Kesehatan Dikabupaten Kudus,” J. Geod. Undip, 2018.
[2] S. Aronoff, “Geographic Information Systems: A Management Perspective,” Geogr. Inf. Syst. a Manag. Perspect., 1989, doi: 10.1016/0167-5877(95)90035-7.
[3] M. Prabowo, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga, 2020.
[4] D. M. Kroenke, Database Processing: Dasar-Dasar, Desain & Implementasi Jilid I, 9 ed. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2005.
[5] H. Wadi, Panduan Praktis Codeigniter Untuk Pemula : Langkah Demi Langkah Memahami Dan Memulai Codeigniter Untuk Membuat Web Dinamis. TR Publisher, 2020.
[6] A. O. Sari, A. Abdilah, dan Sunarti, Web Programming, I. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2019.
[7] J. Enterprise, Pemrograman Bootstrap Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
[8] R. M. Awangga, Pengantar Sistem Informasi Geografis. Kreatif, 2019.
[9] S. Siyoto dan M. A. Sodik, Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing, 2015.
[10] H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007.
Published
2021-10-31
How to Cite
Tarmizi, D., & Ridha, M. R. (2021). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB PERSEBARAN FASILITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA TEMBILAHAN. JURNAL PERANGKAT LUNAK, 3(3), 111-123. https://doi.org/10.32520/jupel.v3i3.1703