SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI INDRAGIRI HILIR BERBASIS WEB
Abstract
Indeks kepuasan masyarakat merupakan salah satu tolak ukur bagi instansipemerintah dalam melakukan evaluasi pelayanan yang diberikan pada masyarakat agar pelayanan yang diberikan pada masyarakat tetap prima. Dalam hal ini instansi pemerintah akan di nilai seberapa baik dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat secara umum karena sudah merupakan suatu kewajiban instansi pemerintah untuk melakukan pelayanan
sebaik mungkin kepada masyarakat.
Indeks kepuasan masyarakat hanya berlaku terhadap instansi pemerintah yang melakukan atau memberikan pelayanan langsung terhadap masyarakat. Banyaknya instansipemerintah yang memberikan pelayanan langsung terhadap masyarakat menjadikan indeks
kepuasan masyarakat menjadi sangat penting untuk mendorong perubahan pelayanan manjadi lebih baik lagi karena dengan adanya indekskepuasan masyarakat menjadikan instansi terkait mengetahui apakah pelayanan yang diberikan pada masyarakat sudah tergolong baik atau harus ada yang dibenahi kembali.
Downloads
References
Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis,” J. Tek. Inform. UNIS JUTIS, vol. 6, no. 1, pp. 2252–5351, 2018, [Online]. Available: www.ccssenet.org/cis.
[2] M. Naomi, H. Noprisson, F. I. Komputer, U. Mercu, and B. Jakarta, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pengaduan Mahasiswa Berbasis Web ( Studi Kasus : Universitas Mercu Buana Kranggan ) Pendahuluan Landasan Teori,” JUSIBI (Jurnal Sist. Inf. Dan E-Bisnis, vol. 1, no. 5, pp. 185–193, 2019.
[3] D. Prasetya, “Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka PelayananPublik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Malang),” J. Adm. Publik Mhs. Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 6, pp. 1151–1158, 2013.
[4] D. Febiharsa, I. M. Sudana, and N. Hudallah, “Uji Fungsionalitas (BlackBox Testing) Sistem Informasi Lembaga Sertifikasi Profesi (SILSP) Batik Dengan AppPerfect Web Test Dan Uji Pengguna,” JOINED J., vol. 1, no. 2, pp. 117–126, 2018, doi: 10.31331/joined.v1i2.752.
[5] M. Nasihin and R. Adwiya, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Bebasis Web Dan SMS Gateway Pada Kantor Camat Pontianak Selatan,” Cybernetics, vol. 2, no. 01, pp. 151–161, 2018.
[6] D. Wira, T. Putra, and R. Andriani, “Unified Modelling Language ( UML ) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” vol. 7, no. 1, 2019.
[7] Anofrizen, “Program Keluarga Harapan Kota Pekanbaru ( Studi Kasus : Dinas Sosial Dan Pemakaman Kota Pekanbaru ),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 97–101, 2017.
[8] H. Z. Mahdias, H. Aryadita, and S. A. Wicaksono, “Pengembangan Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Untuk Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan Berbasis Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 167–176, 2019.
[9] S. Sumaedi, I. G. M. Y. Bakti, N. J. Astrini, T. Rakhmawati, T. Widianti, and M. Yarmen, “Literature Review,” no. 2009, pp. 13–31, 2014, doi: 10.1007/978-981-4585-
24-8_2.
[10] F. Ilmu, S. Dan, I. Politik, U. Sultan, and A. Tirtayasa, “Publik Pada Dinas Kependudukan,” 2016.
Copyright (c) 2020 Nurlela Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.