KONSEPSI ISLAM TENTANG ALAM DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN

  • Khairuddin Khairuddin Universitas Islam Indragiri
Keywords: islam, alam, pendidikan

Abstract

Dalam konsep Islam, Alam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah alam ghoib dan alam syahadah. Alam syahadah dalam istilah Inggris disebut universe yang artinya seluruhnya, yang dalam bahasa sehari-hari disebut sebagai alam semesta. Alam semesta merupakan ciptaan Allah yang diurus dengan kehendak dan perhatian Allah. Allah menciptakan alam semesta ini dengan susunan yang teratur dalam aspek biologi, fisika, kimia, dan geologi beserta semua kaidah sains. Penciptaan dan penguasaan alam semesta menjadi saksi atas keesaan-Nya dan kuasa-Nya. Alam semestsa dirancang oleh Allah sebagai pasilitas hidup, yang harus dikembangkan melalui kreativitas  manusia sehingga melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi, Sunnatullah atau hukum Allah yang menyebabkan alam semesta selaras, serasi dan seimbang dipatuhi sepenuhnya oleh partikel atau zarrah yang menjadi unsur alam semesta. Hukum-hukum yang mengatur operasional alam harus dipelajari, sehingga peserta didik memilki keteraturan dalam hidupnya. Pendidikan hanya akan berhasil jika terjadi interkasi yang baik antara peserta didik dengan lingkungan seperti melestarikan lingkungan alam. Mempelajari alam dan hukum-hukum alam harus mengarah  kepada  alam sebagai  tanda keagungan Tuhan.

References

DEPAG RI. 2000. Buku Teks Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta : PT Bulan Bintang.

DEPAG RI. 2001. Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta : Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam, DEPAG.

https://firanda.com/1592-rububiyah-allah-allah-maha-esa-dalam-penciptaan-pemilikan-dan-pengaturan-alam-semesta.html

https://www.kompasiana.com/h_endrakusuma/55285f35f17e6115438b45db/sang-pencipta-semesta?page=all
http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/joi/article/view/196. Vol.1 No.1 2017
Al-Qurtubi, 2000. Tafsir al-Qurtubi juz VI (Al-Jâmi’ li Ahkâmil-Qur‘ân). tahqîq: ‘Abdur-Razzaq al-Mahdi, Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi.

Kamil Abdushshamad, Muhammad, 2007, Mukjizat Ilmiah Dalam Al-Qur.an, Jakarta, Penerbit Akbar.

Clover Monsma, John. 1985, Bukti-Bukti Tentang Allah Dalam Pengetahuan Modern, Yogyakarta, Penerbit Ananda.

Katsir, Ibnu, 2004. Tafsir Al-Qur’an al-Azhim. Cairo: Maktabah as-Shofa.

Al-Maraghi. Tafsir al-Maraghi juz VII. Libanon. Darul Ahya.

Hude, M.Darwis (2002). Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Daud Ali, Muhammad. 2006, Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Jurnal Edukasi, ISSN; 2087 – 0310. E-ISSN; 2721 – 7728, Vol.9 N0.1 Tahun 2021. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1547/931
Published
2021-10-12
How to Cite
Khairuddin, K. (2021). KONSEPSI ISLAM TENTANG ALAM DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN. EDUKASI, 9(2), 150 - 164. Retrieved from https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1731
Abstract viewed = 1 times
PDF downloaded = 1 times