KONSEPSI ISLAM TENTANG TUHAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN

  • Khairuddin Universitas Islam Indragiri
Keywords: Islam, Tuhan, Pendidikan

Abstract

Dalam konsep Islam, Tuhan disebut Allah (bahasa Arab: الله‎) dan diyakini sebagai Zat  Maha Tinggi Yang Nyata dan Esa, Pencipta Yang Maha Kuat dan Maha Tahu, Yang Abadi, Penentu Takdir, dan Hakim bagi semesta alam. Islam menitikberatkan konseptualisasi Tuhan sebagai Yang Tunggal dan Maha Kuasa (tauhid). Dia itu wahid dan Esa (ahad), Maha Pengasih dan Maha Kuasa. Menurut ajaran Islam, Tuhan muncul di mana pun tanpa harus menjelma dalam bentuk apapun. "Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui." (Al-'An'am :103). Sebagai pencipta, Allah itu maha esa dalam wujud-Nya, sifat-Nya dan perbuatan-Nya, oleh karena itu sifat Tuhan hendaknya ditransformasikan dalam pendidikan untuk mewujudkan manusia sebagai  khalifah. Penciptaan dan penguasaan alam semesta menjadi saksi atas keesaan-Nya dan kuasa-Nya. Alam semestsa dirancang oleh Allah sebagai pasilitas hidup, yang harus dikembangkan melalui kreativitas  manusia sehingga melahirkan ilmu pengetahuan dan teknologi, Tuhan harus dikenal melalui ciptaan-Nya sebagai tanda-tanda kekuasaan-Nya, pemahaman tentang eksistensi Tuhan merupakan tujuan pendidikan.

References

https://firanda.com/1592-rububiyah-allah-allah-maha-esa-dalam-penciptaan-pemilikan-dan-pengaturan-alam-semesta.html

https://www.kompasiana.com/h_endrakusuma/55285f35f17e6115438b45db/sang-pencipta-semesta?page=all

http://ejournal.unisi.ac.id/index.php/joi/article/view/196 Vol.1 No.1 2017

Al-Qurtubi. (2000). Tafsir al-Qurtubi juz VI (Al-Jâmi’ li Ahkâmil-Qur‘ân). tahqîq: ‘Abdur-Razzaq al-Mahdi, Dâr Al-Kitab Al-‘Arabi.

Kamil Abdushshamad, Muhammad. (2007). Mukjizat Ilmiah Dalam Al-Qur.an, Jakarta, Penerbit Akbar.

Clover Monsma, John. (1985). Bukti-Bukti Tentang Allah Dalam Pengetahuan Modern, Yogyakarta, Penerbit Ananda.

Katsir, Ibnu. (2004). Tafsir Al-Qur’an al-Azhim. Cairo: Maktabah as-Shofa.

Al-Maraghi. Tafsir al-Maraghi juz VII. Libanon. Darul Ahya.

Hude, M.Darwis. (2002). Cakrawala Ilmu dalam Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Daud Ali, Muhammad. (2006). Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto, Ngalim. (2005) Administrasi Pendidikan, Mutiara Sumber Widya, Jakarta..

Soetopo, Hendyat. (2008). Pendidikan Dan Supervisi Pendidikan, Bina Aksara, Jakarta.
Published
2021-04-16
How to Cite
Khairuddin. (2021). KONSEPSI ISLAM TENTANG TUHAN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN. EDUKASI, 9(1), 57 - 72. Retrieved from https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1547
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 12 times