PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DI SD NEGERI SE-KELURAHAN BENTENG KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

  • Hamzah Universitas Islam Indragiri
Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran, Penjas

Abstract

Rendahnya pelaksanaan pembelajaran penjas seperti kurangnya perencanaan, proses mengajar dan penilaian yang dilakukan oleh guru mengidentifikasikan rendahnya pelaksanaan pembelajaran penjas. Oleh karenanya sangat mutlak diperlukan sebagai guru olahraga di sekolah utnuk mengetahui dan memiliki pengetahuan tentang cara mengajar yang baik, karena proses proses pembelajaran penjas bukan hanya menyampaikan sejumlah teori namun jauh dari itu adalah mengajarkan siswa dalam mengaplikasikan materi pembelajaran dalam bentuk praktik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, adapun tempat penelitian ini adalah di SD Negeri Sekelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir, sedangkan waktu penelitian ini dilakukan selama satu bulan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru penjas di SD Negeri Sekelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 10 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala Likert dengan menggunakan empat alternatif  jawaban yakni 1) selalu, 2) sering, 3) kadang-kadang, 4) tidak pernah. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Penjas di SD NegeriSekelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir dengan persentase 44% dengan dikategorikan Cukup, karena terletak pada interval 41% - 60%.

References

Ahmadi, Abu dan Tri Prasetyo, Joko. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

____________. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Benyamin. (2001). Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Cole, Sebastian. (2008). Peningkatan Mutu Pembelajaran di Kelas. Bandung: Tarsito.

Danim, Sudarwan. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Khairuddin. (2020). Membangun Profesionalisme Guru dalam Era Globalisasi. Jurnal Edukasi Vol. 8 No.1 2020. ISSN: 2087-0310. E-ISSN: 2721-7728. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1112/749

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudlofir. Ali. (2011). Aplikasi Pengembangan KTSP dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2007).Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Sebuah Panduan Praktis.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiqon.(20012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Sardiman, Am. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.

Prasetyo, Bambang dan Jannah, Lina Miftahul. (2008). Metode Penelitian Kuantatif Teori dan Aplikasi. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sangadji, Mamang Etta dan Sopiah.(2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian.Yogyakarta: Andi Offset.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.
__________ . (2001). Pengantar Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilo,Muhammad Joko. 92007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tamat, Trisnowati dan Mirman, Moekarto.(2006). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2021-04-16
How to Cite
Hamzah. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DI SD NEGERI SE-KELURAHAN BENTENG KECAMATAN SUNGAI BATANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. EDUKASI, 9(1), 42 - 56. Retrieved from https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/judek/article/view/1543